Cegah Kanker, Jaga Pola Hidup Sehat dan Rutin Aktivitas Fisik

Setiap orang memiliki kapasitas untuk bertindak dalam menghadapi kanker. Demikian makna “I am and I Will”, tema hari kanker sedunia, World Cancer Day, yang ditetapkan tahun ini.

Hari ini, Selasa (04/02/2020), diperingati menjadi hari untuk meningkatkan kesadaran individu dalam pencegahan kanker. Di antaranya bisa dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat dan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari.

Kanker hingga sekarang menjadi salah satu penyakit mematikan. Menurut WHO, 17 orang meninggal setiap menit karena kanker.

Di Indonesia, kanker juga menjadi salah satu penyakit dengan jumlah kematian terbanyak. Pasien umumnya datang dalam kondisi stadium lanjut yang memperkecil peluang sembuh.

Sementara di Batam, masyarakat yang peduli dengan pencegahan kanker membentuk Cancer Information  Support Center (CISC) pada Julu 2010. CISC merupakan wadah bagi para mantan penderita, survivor (penderita kanker) maupun kerabat dan orang-orang yang peduli akan penyakit kanker. Organisasi ini sebagai tempat berbagi dan memberi support bahwa kanker bisa disembuhkan.

Mengutip berbagai sumber, berikut jenis kanker paling mematikan di Indonesia.

1. Kanker paru

Sebagian pasien kanker paru baru mengetahui kondisinya saat sudah stadium lanjut yaitu III dan IV. Pada stadium ini sel kanker mulai menyebar ke seluruh tubuh sehingga sulit dihilangkan. Pada beberapa kasus, kanker paru mengenai perokok aktif dan pasif akibat menghirup asap rokok.

2. Kanker payudara

Penyakit ini lebih banyak terjadi pada perempuan meski laki-laki punya risiko yang sama. Indonesia memerangi penyakit ini dengan usaha pencegahan SADARI atau periksa payudara sendiri. Bila ada benjolan, perempuan disarankan segera ke fasilitas kesehatan terdekat untuk penanganan secepatnya

Kanker usus besar

Gaya hidup menjadi faktor risiko terbesar penyakit kanker usus besar yang terdiri atas pola makan, obesitas, kurang aktivitas fisik, dan konsumsi alkohol. Untuk mencegah kanker usus disarankan mengurangi alkohol, konsumsi daging olahan, dan makan daging merah secukupnya.

4. Kanker prostat

Kanker ini khas terjadi pada laki-laki yang berusia lanjut atau lebih dari 65 tahun. Penyakit ini umumnya tidak menunjukkan gejala dan diam di satu tempat. Namun jika sudah metastase, penyebarannya ke organ lain sangat cepat hingga sulit sembuh. Kanker prostat mengakibatkan pasien susah buang air kecil, sakit pinggul, dan punggung.

5. Kanker serviks

Selain kanker payudara, kanker serviks yang menyerang leher rahim menjadi yang paling sering menyerang perempuan. Penyakit akibat Human Pappiloma Virus (HPV) bisa dicegah serta pemeriksaan Pap Smear atau Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).

6. Kanker hati

Penyakit bisa diakibatkan sejarah keluarga, penyalahgunaan alkohol, infeksi kronis Hepatitis B dan C, pengerasan atau sirosis, serta hemokromatosis akibat banyaknya zat besi dalam hati. Sebab lain adalah perlemakan hati (fatty liver) atau liver obesitas. Pasien umumnya tidak merasakan gejala hingga kanker mencapai tahap lanjut

BAGIKAN