Cara Memasak Beras Merah Agar Nutrisi Tidak Hilang

cara memasak beras merah
Ilustrasi. Beras merah sangat baik untuk mencegah diabetes. Foto: Freepik.com

Jakarta (gokepri.com) – Beras merah menjadi salah satu pilihan konsumsi masyarakat untuk menjalani hidup sehat, khususnya untuk menghindari diabetes. Berikut cara memasak beras merah agar tetap pulen tapi nutrisi tidak hilang.

Seringkali berasa merah saat dimasak tidak bisa sepulen nasi putih, dan kadang hasilnya cenderung kering. Padahal sayang sekali jika nutrisinya hilang akibat proses memasak yang tidak tepat.

Peneliti lulusa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang juga merupakan seorang petani Prof. Dr. Ir. Ali Zum Mashar, membagikan beberapa tips saat memasak beras merah, berdasarkan keterangan Dailymeal Rice, Senin 20 November 2023.

Baca Juga: Momasa, Aplikasi Berbagi Resep Masakan Halal

1. Cuci beras

Sebaiknya beras tetap dicuci sebelum dimasak, sebab dikhawatirkan berasnya kotor, maka proses pencucian tetap harus dilakukan.

Selain dicuci, beras merah perlu direndam sekitar 2-4 jam sebelum dimasak agar lebih mudah mekar dan tidak bertekstur keras atau kering.

Tapi kata Prof Ali, jika memakai beras berkualitas, beberapa varietas beras merah ada yang tidak perlu menggunakan proses perendaman.

“Satu kali pencucian juga sudah cukup,” ujarnya.

2. Takaran yang tepat

Jika ingin nasi merahnya bertekstur kenyal, saat memasak 1 cangkir beras merah (200 gram), maka air yang dibutuhkan adalah 2 1/2 gelas (400-500 ml) untuk membuat tekstur nasi merahnya lembut dan pulen.

Perbandingan yang ideal adalah sekitar 1:2. Sedangkan jika suka teksturnya lebih lunak, takaran airnya bisa ditambahkan lebih banyak dengan perbandingan 1:4.

3. Masak seperti biasa

Tak ada perbedaan yang signifikan pada saat memasak nasi. Sebab, saat ini sudah banyak orang yang menggunakan rice cooker agar proses memasak nasi menjadi lebih ringkas.

Namun jika diolah secara tradisional, beras merah perlu didiamkan selama beberapa menit pada proses perebusan (tidak langsung ditanak) dengan menurunkan panas kompor.

Cara ini bertujuan agar airnya meresap sempurna dan tidak membuat teksturnya keras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Antara

BAGIKAN