Cabjari Moro Gelar Peningkatan Mutu Pelayanan Hukum Terpadu di Desa Jang

Kacabjari Moro, Haryo Nugroho menerima penghargaan dari Pemkab Karimun sebagai Penggagas Penyelenggaraan Kegiatan Peningkatan Mutu Pelayanan Hukum Terpadu. (Dok.Cabjari Moro)

Karimun (gokepri.com) – Cabang Kejaksaan Negeri Karimun di Moro melaksanakan kegiatan Peningkatan Mutu Pelayanan Hukum Terpadu bersama instansi vertikal maupun perangkat daerah yang ada di Kabupaten Karimun dan Kecamatan Moro.

Kegiatan yang dibuka Kepala Kejaksaan Negeri Karimun, Firdaus tersebut dilaksanakan di Desa Jang, Kamis, 6 Juli 2023.

“Kejaksaan Negeri Karimun khususnya pada Cabang Kejaksaan Negeri Karimun Di Moro, kini dengan semangat baru turut mendukung jalannya Reformasi dalam hal peningkatan mutu pelayanan publik,” ujar Kajari Karimun, Firdaus.

Kajari Karimun Firdaus didampingi Wabup Anwar Hasyim meninjau pelaksanaan kegiatan peningkatan mutu pelayanan hukum terpadu yang dilaksanakan Cabjari Moro. (Cok.Cabjari Moro)

Firdaus berharap program seperti itu akan terus terus ke depan karena dapat melakukan perbaikan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya berharap program ini akan terus berlanjut ke depannya, karena saya yakin lewat program ini, kita para pengemban pelayanan secara bersama-sama dapat melakukan perbaikan dan terus meningkatkan kredibilitas kita,” ungkapnya.

Kegiatan ini menyediakan layanan pemerintahan seperti layanan konsultasi dan pelayanan hukum gratis dari Cabjari Moro, pemeriksaan kesehatan gratis dari Puskesamas Moro dan layanan pembentukan KK dan KTP pada Disdukcapil.

Cabjari Moro Haryo Nugroho memberikan bingkisan sembako kepada masyarakat yang diserahkan oleh Wabup Karimun, Anwar Hasyim. (Dok.Cabjari Moro)

Kemudian, fasilitas pembuatan jaminan Kesehatan yang diberikan BPJS, peningkatan hak atas tanah dari BPN, mempermudah wajib pajak dalam melaksanakan kewajibannya melalui UPT Pelayanan Pendapatan Daerah, dan masih banyak pelayanan yang tersedia dari setiap instansi yang ada.

Masyarakat sangat antusias menghadiri kegiatan tersebut, karena mereka sangat terlayani dengan adanya program itu.

Sementara, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Karimun di Moro, Haryo Nugroho mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengoptimalkan penyelenggaran pelayanan publik dari berbagai stakeholder dengan maksud agar memudahkan masyarakat pesisir khususnya Kecamatan Moro dalam mengakses pelayanan publik secara efektif, efisien dan akuntabel.

“Pada prinsipnya kita adalah pelayanan masyarakat bukan kita yang dilayani masyarakat. dengan adanya komunikasi publik yang baik ini, maka kita dapat melakukan perbaikan terhadap layanan pemerintahan yang dinamis sebagai jembatan untuk merealisasikan sebuah program bersama yang inovatif dan transparan,” kata Haryo.

Dalam kesempatan ini, banyaknya masyarakat yang mendapatkan pelayanan langsung dalam penerbitan KTP dari Disdukcapil.

Tiga orang masyarakat Moro menerima sertifikat hak atas tanah dari Kepala BPN Karimun, Junaedi yang didampingi Kajari Karimun dan Wakil Bupati Karimun. (Dok.Cabjari Moro)

Selain itu, Kepala BPN Karimun, Junaidi memberikan sertifikat Hak Atas Tanah kepada 3 orang masyarakat pemegang hak yang berada di Kecamatan Moro.

Bukan hanya itu, banyaknya masyarakat yang mendapatkan pelayanan dari BPJS Kesehatan yang belum mendapatkan pelayanan jaminan kesehatan.

Dalam kesempatan itu, Kajari Karimun yang didampingi Kacabjari Moro beserta Wakil Bupati Anwar Hasyim dan para FKPD menyambangi masyarakat miskin dan rentan secara door to door untuk memberikan pelayanan hukum.

Diketahui, masih ada masyarakat rentan yang belum mendapatkan hak administratif dan juga jaminan kesehatan, sehingga langsung ditindaklanjuti oleh pihak terkait seperti Dukcapil dan BPJS.

Kacabjari Moro di kesempatan yang sama memberikan bantuan bingkisan sembako kepada masyarakat rentan yang disambanginya.

Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Cabang Kejaksaan Negeri Karimun di Moro serta seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

Kacabjari Moro Haryo Nugroho dalam kesempatan itu menerima penghargaan dari Bupati Karimun sebagai penggagas penyelenggaraan kegiatan peningkatan mutu pelayanan hukum terpadu.

Penulis: Ilfitra