Bawaslu Natuna Beri Peringatan Soal Pemasangan APK di Area Privat

Tim gabungan menertibakan APK yang langgar aturan PKPU di Kecamatan Bunguran Timur. Foto: ANTARA

Natuna (gokepri.com) – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Natuna beri peringatan tegas kepada peserta Pemilu terkait pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) di area privat.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Natuna Sudarsono mengatakan mengenai pemasangan APK di area privat telah diatur dalam Pasal 36 ayat 6 PKPU Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu.

Pasal tersebut menjelaskan pemasangan APK Pemilu pada tempat yang menjadi milik perseorangan atau badan swasta harus mendapatkan izin dari pemilik tempat tersebut.

Baca Juga: KPU Tanjungpinang: Pasang APK di Area Privat Harus Izin Pemilik

“Kemarin kita telah menertibkan beberapa APK yang tidak mengantongi izin pemasangan di area privat,” kata Sudarsono, Minggu 14 Januari 2024.

Setiap APK yang melanggar aturan akan ditertibkan dan bagi peserta yang ingin mengambil APK yang sudah ditertibkan bisa langsung ke Panwascam di wilayah masing-masing.

Bagi warga yang keberatan lahannya dipasang APK, ia meminta warga tersebut untuk melaporkannya ke Bawaslu Natuna.

“Kami akan proses dan surati pemilik APK untuk menurunkan atau memindahkannya, jika tidak diindahkan tim kami akan melakukan penindakan terhadap APK tersebut,” sebut dia.

Selain memperhatikan lokasinya di area privat atau bukan, peserta pemilu juga diminta untuk memperhatikan keindahan saat memasang APK. Tertib dan rapi menjadi poin penting saat hendak memasang APK.

Ia mengatakan Bawaslu Natuna akan bekerja maksimal untuk menyukseskan Pemilu 2024 dan menjalin kerja sama yang baik dengan pemerintah maupun masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Antara

BAGIKAN