Batam Gandeng Perusahaan Garmen Produksi Masker Kain

Batam Herd Immunity
Warga Batam mengenakan masker beberapa waktu lalu. Pemerintah daerah setempat memulai survei epidemiologi untuk mengukur herd immunity. (Foto: istimewa)

Batam (gokepri.com) – Pemko Batam menggandeng tujuh perusahaan konfeksi dan garmen guna memproduksi masker untuk kebutuhan masyarakat. Pengadaan masker ini seiring dengan kebijakan Pemko Batam yang mewajibkan seluruh warga untuk mengenakan masker saat ke luar rumah.

Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kota Batam Azril Apriansyah mengatakan, terdapat beberapa perusahaan garmen yang memproduksi masker di Batam. Hanya saja, mereka lebih memilih untuk mengekspor hasil produksinya ke luar negeri, di tengah terus meningkatnya permintaan masker.

“Karenanya, kita meminta perusahaan garmen memprioritaskan produksi untuk kebutuhan lokal, baru kemudian diekspor,” ujarnya, Rabu (8/4/2020).

Azril berharap perusahaan bisa memproduksi masker kain untuk warga Batam dengan kualitas baik dan harga terjangkau. Dari pertemuan dengan Walikota Batam, perwakilan garmen menyetujui untuk memproduksi masker bagi masyarakat.

“Kalau kita mewajibkan (pemakaian masker), pemerintah harus mengupayakan ketersediaannya. Kami berharap perusahaan membantu memenuhi kebutuhan masker bagi 1,3 juta warga Batam,” katanya. (nana)

BAGIKAN