Atasi Kenaikan Harga, TPID Karimun Gelar Operasi Pasar Beras SPHP

Warga Karimun antusias membeli beras SPHP saat operasi pasar beras murah di Pasar Puan Maimun. (Ilfitra/gokepri.com)

Karimun (gokepri.com) – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Karimun menggelar operasi pasar beras SPHP di parkiran Pasar Puan Maimun Tanjungbalai Karimun, Sabtu, 24 Februari 2024.

Operasi pasar beras ini digelar untuk membantu masyarakat mendapatkan beras premium dan medium yang harganya terus melonjak.

Sementara, dalam operasi pasar ini harga kemasan beras dengan bobot 5 kg hanya dijual Rp53 ribu atau terdapat selisih harga sekitar 5 ribu dari harga eceran tertinggi.

Tentu saja, keberadaan operasi pasar beras murah ini mendapat respons dari masyarakat.

Masyarakat Karimun memanfaatkan momen ini dengan mendatangi lokasi operasi pasar.

Sayangnya, karena belum ada kontroling soal pembelian, warga rata-rata membeli beras antara 2 hingga 4 karung dengan bobot 1 karung 5 kg.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Karimun, Sukrianto Jaya Putra mengatakan, jumlah beras yang disediakan TPID saat operasi pasar beras SPHP tersebut hanya 1,5 ton.

Sukrianto menyebut, rencana awalnya disediakan sebanyak 3 ton beras, namun karena ketersediaan stok terbatas maka untuk tahap awal hanya mampu disediakan 1,5 ton.

“Ini baru tahap pertama, ke depan operasi pasar ini akan kita gelar lagi dengan stok beras yang lebih banyak,” ujar Sukrianto.

Kata dia, operasi pasar yang akan digelar pekan depan ini rencananya juga akan menjual bahan pokok lain seperti daging.

“Mungkin karena tahap awal, jadi pembeliannya tak terkontrol. Ke depan akan kami batasi pembeliannya,” ungkap Sukri.

Penulis: Ilfitra

BAGIKAN