39 TKA China di Bintan Diterbangkan ke Jakarta

Bintan (gokepri.com) – Sebanyak 39 orang tenaga kerja asing (TKA) asal China di Bintan akhirnya diterbangkan ke Jakarta, Kamis (2/4/2020) pagi. Masuknya mereka ke Bintan untuk bekerja di PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) Galang Batang, dua hari lalu, sempat membuat pimpinan daerah kalang kabut. Karena terjadi saat pemerintah sedang gencar-gencarnya melawan penyebaran virus corona, salah satunya dengan menutup  akses masuk warga negara asing (WNA) ke Indonesia.

Pemkab Bintan dan pihak terkait mendapat sorotan dari berbagai kalangan. Bahkan Wakil Ketua Komisi V DPR Syarief Abdullah Alkadrie menilai masuknya 39 tenaga kerja asing (TKA) asal China ke Bintan sebagai kelemahan komunikasi yang menyebabkan kepala daerah menjadi tidak mematuhi imbauan pemerintah pusat.

“Saya minta tidak ada diberlakukan khusus, apa ini karena tenaga kerja atau apapun. Close saja semua,” katanya.

Berdasarkan kesepakatan dengan instansi terkait di daerah, ke-39 TKA asal China tersebut akhirnya dipulangkan. Dari PT BAI, para TKA tersebut diangkut minibus menuju bandara RHF untuk diterbangkan dengan Lion Air ke Jakarta.

Ketua Administrator KEK Galang Batang, Hasfarizal Handra beralasan pemulangan TKA dikarenakan tidak memenuhi persyaratan dokumen ketenagakerjaan.

“Secara bertahap dipulangkan karena tidak memiliki dokumen ketenagakerjaan, barusan dengan pesawat Lion Air JT 621 tujuan Jakarta, jam 10.35 WIB,” ungkapnya.

Hasfarizal menjelaskan, saat masuk ke Bintan, 39 TKA asal China tersebut telah melewati prosedur keprotokolan kesehatan. Di antaranya Rapid Test Covid-19 dan hasilnya negatif.

“Meski hasilnya negatif, namun tetap kita pulangkan karena mereka tidak memenuhi prosedur ketenagakerjaan,” paparnya. (wan)

BAGIKAN