30 Peserta Ikuti Turnamen Catur Gajah di Batam

turnamen catur gajah
Turnamen catur gajah dalam rangka memeriahkan Pasar Imlek di Chinatown. Foto: Gokepri.com/Engesti

BATAM (gokepri.com)  – Sebanyak 30 peserta mengukuti turnamen catur gajah (Xiangqi). Turnamen catur gajah ini merupakan rangkaian kegiatan Pasar Imlek Chinatown di Nagoya Citywalk, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Permainan khas masyarakat Tiongkok pada zaman kekaisaran itu dimainkan oleh sejumlah orang di sisi Nagoya Citywalk. Berdampingan dengan lokasi lomba karaoke yang juga meramaikan acara tersebut.

“Ini adalah turnamen. Sudah dimulai sejak kemarin babak penyisihan,” kata Sekretaris Panitia Chinatown, Dicky Larson belum lama ini.

Dicky menjelaskan, sejak awal dimulai, setidaknya terdapat 30 lebih peserta yang turut mengikuti turnamen itu.

Serupa dengan catur biasa, para peserta akan saling mengadu strategi menumbangkan pertahanan lawan demi meraih hadiah menarik yang masih dirahasiakan oleh panitia.

“Diikuti oleh masyarakat umum di Kota Batam. Finalnya tanggal 18 nanti,” tutur Dicky.

Ia mengatakan pihaknya juga bekerjasama dengan Pexi Kepri dalam menggelar turnamen itu. Menurutnya, pagelaran turnamen tersebut dalam rangka menyambut hari Raya Imlek sekaligus mewadahi para pemain Xiangqi yang ada di Kepri.

“Ini bisa dimainkan oleh siapa saja. Tidak harus masyarakat Tionghoa. Cuma memang ada beberapa peraturan yang harus diperhatikan,” katanya.

Salah satu perbedaannya dengan catur India, Xiangqi memiliki dua bidak yang disebut gajah. Sedangkan pada catur India yang biasa dimainkan, bidak tersebut dikenal dengan nama peluncur.

Selain itu, jumlah kotak pada papan catur India dan Xiangqi juga berbeda. Jika catur memiliki delapan kali delapan kotak, xiangqi punya satu kotak lagi di tengah sehingga menjadi sembilan kali delapan kotak.

Sambil ikut turnamen, para peserta maupun pengunjung yang datang ke Chinatown juga dapat menyaksikan lomba karaoke yang ada serta berbelanja di bazar Chinatown.

Baca Juga: Chinatown Festival Meriahkan Imlek di Batam, Ada Pesta Kembang Api

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti