Yusuf dan Taufik Gantikan Suryani dan Iskandarsyah di DPRD Kepri

Yusuf dan Taufik dilantik jadi anggota PAW DPRD Provinsi Kepri
Pelantikan anggota PAW DPRD Provinsi Kepri dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Tanjungpinang (gokepri.com) – Dua anggota DPRD Provinsi Kepri Pergantian Antar Waktu (PAW) dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi dilantik. Keduanya adalah Yusuf yang menggantikan Suryani dan Muhammad Taufiq menggantikan Ing Iskandarsyah. Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah dilaksanakan dalam Sidang Paripurna Terbuka DPRD Kepri di Dompak, Senin (11/1/2021).

Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak mengatakan, Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah telah mengatur proses PAW anggota DPRD. Yakni jika ada anggota DPRD yang meninggal dunia, mengundurkan diri, atau diberhentikan oleh Partai Politik wajib dilakukan PAW.

”Melalui aturan itu, maka diketahui bersama ada dua orang anggota DPRD Kepri yang diberhentikan parpolnya masing-masing. Pemberhentian itu sudah disampaikan parpol kepada Ketua DPRD melalui surat resmi,” katanya.

Menindaklanjuti hal tersebut, lanjut Jumaga, maka pimpinan DPRD telah mengirimkan surat kepada masing-masing parpol untuk mengusulkan nama PAW. Nama yang diusulkan itu kemudian diajukan kepada Kemendagri untuk ditindaklanjuti.

Hingga akhirnya, Kemendagri mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang pemberhentian anggota DPRD Kepri sekaligus mengangkat dua anggota PAW sesuai dengan usulan sebelumnya. Di antaranya SK Mendagri Nomor 161.21.4702 Tahun 2020 yang mengangkat Muhammad Taufiq sebagai anggota DPRD Kepri PAW menggantikan Ing.Iskandarsyah. Dan SK No 161.21.4633 tahun 2020 atas nama Yusuf menggantikan Suryani dari Fraksi PKS.

“Berdasarkan Surat Keputusan itu, maka hari ini dilaksanakan Paripurna Istimewa pengambilan sumpah PAW,” kata Jumaga. (wan)

BAGIKAN