Yeyen Heryawan Terpilih sebagai Ketua Asosiasi General Manager Hotel Kepri

Yeyen Heryawan IHGMA Kepri
Pengurus DPD IHGMA Kepri yang baru dibentuk bersama Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar dan Wakil Ketua Bidang Keanggotaan DPP IHGMA Nawawi Halik. GM Beverly Hotel Batam, Yeyen Heryawan, terpilih sebagai Ketua DPD IHGMA Kepri. (Foto: gokepri/eri)

Batam (Gokepri.com) – Organisasi Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) membentuk kepengurusan baru di Kepri. General Manager Beverly Hotel Yeyen Heryawan dipilih menjadi Ketua DPD IHGMA Kepri.

Yeyen terpilih lewat rapat yang digelar di Hotel Sahid Batam Center, Kamis (25/2/2021). Wakil Ketua Bidang Keanggotaan DPP IHGMA, Nawawi Halik mengatakan agenda IHGMA membentuk struktur baru untuk Provinsi Kepri dan Yeyen Heryawan terpilih aklamasi sebagai Ketua IHGMA Kepri.

Yeyen sudah lebih dulu aktif di IHGMA ketika bekerja sebagai General Manager sebuah hotel di Medan sebelum pindah ke Batam.

“Kami ingin memajukan pariwisata Kepri. Semoga Pak Yeyen bisa menjalankan amanah,” ujar Nawawi.

Salah satu program IHGMA untuk sektor perhotelan dan pariwisata adalah meningkatkan keahlian dan kualitas sumder daya manusia di Kepri. Kemudian berkoordinasi dengan sektor UMKM, dinas pariwisata dan lembaga pendidikan perhotelan.

Kepri sudah memiliki ekosistem industri pariwisata yang lengkap mulai dari SMK perhotelan, politeknik perhotelan, bisnis perhotelan hingga objek pariwisata yang populer.

Dengan keberadaan IHGMA di provinsi ini, kalangan general manager hotel bisa membagikan ilmu dan pengetahuannya kepada siswa dan mahasiswa di bidang perhotelan.

“Rekan-rekan GM bisa sharing ilmu ke adik-adik kita sehingga SDM bisa cepat berkembang,” kata Nawawi.

DPD IHGMA yang telah terbentuk di Indonesia sudah hampir di semua provinsi, termasuk DPD Papua dan Maluku yang jadi satu. Bahkan di Bali, IHGMA sudah memiliki organisasi cabang. Jumlah anggota IHGMA sudah mencapai sedikitnya 1.400 anggota.

Nawawi menyebut 95 persen GM hotel di Indonesia adalah warga negara Indonesia dan sisanya WNA. Proporsi ini tumbuh pesat dibanding zaman dulu ketika seluruh general manager hotel di Indonesia dijabat WNA.

Nawawi mengungkapkan ada harapan IHGMA agar seluruh general manager hotel di Indonesia tidak ada lagi diisi warga negara asing. “SDM kita tidak kalah (dengan WNA),” kata Nawawi.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Buralimar optimistis pariwisata Kepri tahun ini akan bangkit dengan banyak dukungan pemangku kepentingan. Event pariwisata di Kepri juga akan kembali hadir setelah tahun lalu terhalang pandemi. Buralimar mencatat setidaknya ada 265 event pariwisata yang dimulai sejak Maret 2021.

Dengan dibentuknya IHGMA Kepri, komunikasi pariwisata dengan perhotelan akan kembali terjalin lewat wadah organisasi general manager hotel itu.

“Saya senang IHGMA di Kepri difungsikan kembali di bawah Ketua Pak Yeyen,” kata Buralimar yang hadir dalam pembentukan IHGMA Kepri.

Buralimar sendiri dipilih menjadi Pembina IHGMA Kepri. Menurut dia, lewat wadah ini bisa mendapat ilmu dari kalangan general manager yang sudah banyak pengalaman dengan dunia perhotelan dan pariwisata untuk diterapkan di Kepri.

(Eri)

|Baca Juga: Sebelum Turis dari Singapura Datang, Jadi Turis Dulu di Kota Sendiri

BAGIKAN