Viral di Medsos, Bunga Bangkai Mekar di Halaman Rumah Warga Batam

Bunga suweg atau Amorphophallus Paeoniifolius tumbuh mekar di halaman rumah warga Sagulung, Batam. Foto: Kolase/Dok. Warga

Batam (gokepri.com) – Bunga Suweg atau yang dikenal sebagai bunga bangkai tumbuh dan mekar di halaman rumah warga, Kavling Pelopor, Kelurahan Sei Lekop, Kecamatan Sagulung, Kota Batam.

Bunga bangkai yang mekar itu kemudian fotonya diunggah ke media sosial Instagram pada Sabtu 1 Juni 2024 dan sempat viral.

Pemilik rumah, Tuti, mengaku tidak mengetahui asal bunga tersebut. Menurutnya, bunga itu tumbuh liar di halaman rumah miliknya.

Baca Juga: Mirip Bunga Sakura, Tabebuya Bermekaran di Batam

“Sekitar dua minggu ini keluarnya bunga itu. Awal mulanya tumbuh sendiri, saya pun nggak tahu dari mana,” kata Tuti saat ditemui, Senin, 3 Juni 2024.

Dilansir laman Wikipedia, suweg ini merupakan tumbuhan anggota genus Amorphophallus yang merupakan tumbuhan dari famili talas-talasan.

Bunga dan tumbuhan vegetatifnya tumbuh bergantian. Bunganya pada waktu-waktu tertentu mengeluarkan bau bangkai yang keras, sehingga umum dinamai sebagai bunga bangkai.

Tuti menyebutkan bunga bangkai tersebut pertama kali tumbuh di pekarangan rumah miliknya. Saat mekar, bunga tersebut mencapai tinggi hingga 40 cm.

“Ada dua pohon bunga. Satu depan rumah, satu lagi di seberang jalan dari rumah. Duluan yang dekat depan rumah, kira-kira lima hari baru bunga yang di seberang tumbuh,” ujar Tuti.

Namun, jenis bunga yang jarang ditemui di Kota Batam ini sudah mati layu sekitar beberapa waktu lalu sebelum viral di media sosial.

Bunga Suweg atau bunga bangkai yang saat ini sudah layu. Foto: Gokepri.com/Muhammad Ravi

Menurut Ketua RT 06 RW 02 Kavling Pelopor, Kelurahan Sei Lekop, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Santoso mengatakan, awal mula bunga bangkai itu ditemukan saat pemilik rumah membersihkan pekarangan rumahnya dua pekan yang lalu dan bau busuknya tercium oleh warga.

“Warga juga nggak tahu tiba-tiba ada bau bangkai, dia (pemilik rumah) nggak tahu. Pas dia bersih-bersih rumah, baru nampak itu bunga bangkai,” kata Santoso.

Santoso mengatakan bunga bangkai itu mekar sempurna pada 25 Mei 2024 lalu. Sebelum, mati layu, Santoso mengungkap timbul bercak putih pada kelopak bunga tersebut.

“Sekalinya di hari Minggu (26 Mei 2024) udah mulai berjamur. Udah mau mati atau apa nggak tahu,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa bunga langka itu pertama kali tumbuh. Ia juga sempat mengira, bahwa bunga bangkai tersebut merupakan bunga Rafflesia Arnoldii.

“Ternyata itu bukan Rafflesia. Bunga bangkai juga lah kata orang,” kata dia.

Ia juga menyebut tidak memberikan informasi ke stakeholder terkait dan hanya mengunggah bunga bangkai itu ketika mekar ke media sosial miliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Muhammad Ravi

BAGIKAN