UN Dihapus, Siswa MTs Sulit Daftar PPDB Online SMA/SMK

Siswa MTS daftar PPDB SMA
Nelson Yendri MM, Kasi Kurikulum SMK Disdik Provinsi Kepri. (Foto: istimewa)

Batam (gokepri.com) – Dampak dari ujian nasional (UN) dihapus oleh pihak Kemendikbud berimbas kepada siswa lulusan MTs. Mereka yang ingin mendaftar ke SMA/SMK tidak terdata pada server PPDB Online.

Selain itu juga pada PPDB online ini yang menjadi patokan berdasarkan nilai kelulusan ilmu pengetahuan dan NISN yang harus disesuaikan dengan kartu keluarga atau KTP berdasarkan Dapodik.

“Solusinya bagi calon siswa dari lulusan MTs ini kami menyediakan modul pendaftaran secara online agar dia bisa datanya diverifikasi oleh panitia PPDB online,” ujar Kasi Kurikulum SMK Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepri, Nelson Yendri MM, kemarin.

Terkait aplikasi PPDB online, ditegaskan Nelson sejauh ini lancar-lancar saja. Hanya saja, permasalahan terdapat pada masyarakat yang kurang paham dan teliti dalam mengunakan aplikasi PPDB online ini.

“Saya pikir sepanjang masyarakat mampu mengunakan aplikasi whatapp (WA) pasti bisa mengunakan aplikasi PPDB ini dengan mengikuti petunjuknya. Saya tidak tega melihat ibu-ibu yang datang menunggu di pos sekolah gara-gara tak bisa daftar, makanya sekolah harus memberikan arahan dan mengedukasi mereka,” jelasnya.

Sementara Panitia PPDB SMA/SMK Disdik Provinsi Kepri dan juga Kabid Pembinaan SMK, Ir Muhammad Yunus MM, mengatakan bahwa selver PPDB sejauh ini lancar-lancar saja dan kafasitasnya bisa menampung hingga 1.000 calon siswa yang mendaftar. Namun sejauh ini pengaduan diterima lebih kepada orang tua yang kurang paham mengunakan aplikasi PPDB online ini.

Namun demikian tidak semua sekolah di Provinsi Kepri ini bisa mengunakan PPDB online, terutama sekolah yang ada di hinterland seperti sebagian sekolah di Anambas, Natuna, dan Lingga. Namun untuk Kota Batam, Tanjungpinang, Bintan dan Karimun, hampir semua sekolah mengunakan PPDB ini secara online. (aat)

TEKS

Nelson Yendri MM
Kasi Kurikulum SMK Disdik Provinsi Kepri

BAGIKAN