Tujuh Keistimewaan Bulan Ramadan

Keistimewaan bulan ramadan
Foto: Bloomberg

BATAM (gokepri) – Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selain menjadi bulan di mana umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa, bulan Ramadan juga memiliki banyak keistimewaan yang tidak dapat ditemukan di bulan-bulan lainnya.

Menjalankan ibadah di bulan Ramadan adalah cara untuk merasakan nikmatnya menjalani ibadah, dengan berbagai keistimewaan yang ditawarkan oleh bulan Ramadan. Di bulan suci ini, banyak ibadah yang dilakukan oleh umat muslim, seperti puasa, sholat tarawih, dan sedekah. Namun, selain itu, ada juga beberapa keistimewaan bulan Ramadan

1. Malam diturunkannya Al-Quran

Salah satu keistimewaan terbesar bulan Ramadan adalah diturunkannya Al-Quran. Pada malam ke-17 Ramadan, Al-Quran pertama kali diturunkan dan menjadi perubahan besar untuk seluruh umat Islam di dunia atau biasa disebut dengan nuzulul quran. Sejak itulah, semua ayat diturunkan satu per satu selama beberapa puluh tahun kepada Nabi Muhammad. Inilah mengapa bulan Ramadan selalu dianggap sebagai bulan suci.

2. Bulan doa-doa dikabulkan

Pada bulan Ramadan, umat Muslim dianjurkan untuk banyak berdoa dan berbuat kebaikan, baik dalam konsep Hablum minallah (hubungan manusia dengan sang pencipta), Hablum Minal’alam (hubungan manusia dengan alam).

Sebenarnya, doa bisa dikabulkan kapanpun sesuai dengan kehendak Allah SWT. Jadi, kita bisa memanjatkan doa kapanpun kita mau atau membutuhkan. Tidak harus memanjatkan doa dengan menunggu bulan puasa. Tetapi pada bulan Ramadhan berbagai jenis doa-doa yang diinginkan oleh seseorang umumnya akan lebih mudah untuk dikabulkan.

3. Pintu kebaikan dibuka

Pintu kebaikan akan selalu dibuka sehingga pada bulan ini seseorang akan lebih mudah untuk bertobat. Orang-orang yang awalnya memiliki hati yang keras bisa lebih mudah untuk menjalankan ibadah dan memperoleh kebaikan dalam kehidupannya.

4. Bulannya untuk sedekah

Pada bulan ini, disarankan untuk lebih banyak melakukan sedekah kepada seluruh umat. Sedekah tidak hanya berhubungan dengan materi dalam jumlah banyak. Terkadang, sedekah yang sederhana pun bisa diberikan secara rutin sesuai kemampuan.

5. Pintu surga terbuka

Bulan suci Ramadhan penuh kemuliaan dan keberkahan menjadi pertanda seluruh pintu-pintu surga terbuka, pintu neraka tertutup bahkan setan-setan dibelenggu. Selain itu, Allah juga menjaga manusia agar terhindar dari perilaku tercela dan keji sehingga lebih banyak menjalankan amalan kebaikan untuk menghapus dosa.

6. Terdapat malam Lailatur Qadar

Disebutkan malam tersebut lebih baik dari seribu bulan, sebagaimana firman Allah “Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan, dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan terbit fajar.” (Al-Qadar ayat 1-5).

7. Puasa Ramadan senilai puasa 10 bulan

Keistimewaan bulan ramadhan yang selanjutnya pada bulan Ramadhan memiliki nilai yang lebih dibandingkan puasa pada bulan yang lain. Bahkan Allah melipatgandakan pahala puasa bulan Ramadhan setara dengan puasa 10 bulan. Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang berpuasa (pada bulan) Ramadhan, maka satu bulan sama seperti sepuluh bulan. Dan (siapa yang berpuasa setelah itu) berpuasa selama enam hari sesudah Id (syawal), hal itu (sama nilainya dengan puasa) sempurna satu tahun.” (HR. Ahmad)

***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Baca Juga: Ragam Peluang Usaha Rumahan saat Bulan Ramadan

Penulis: Candra Gunawan

BAGIKAN