Trafik Data XL Axiata di Sumbagteng Meningkat, Pelabuhan Batam Tertinggi

Trafik data XL Axiata mengalami kenaikan selama libur Lebaran 2023. Foto: Dok. XL Axiata

BATAM (gokepri.com) – Trafik data XL Axiata meningkat di Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng) selama libur Lebaran. Trafik data ini mengalami peningkatan sekitar 10 persen dibandingkan trafik di hari normal.

Hal itu terlihat dari kenaikan trafik yang terjadi di sejumlah wilayah yang selama ini menjadi tujuan rutin perjalanan masyarakat saat libur lebaran.

“Kenaikan trafik secara rata-rata di Sumbagteng ini tidak terlepas dari meningkatnya mobilitas masyarakat dalam memanfaatkan liburan Lebaran,” kata Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi dalam keterangan tertulisnya, Minggu 29 April 2023.

Desy mengatakan sepanjang masa libur kemarin pihaknya juga mampu menjaga kualitas jaringan. Hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan.

“Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan,” ujarnya.

Kenaikan trafik XL Axiata secara rata-rata di wilayah Sumbagteng selama periode Lebaran 2023 terjadi di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat sebesar 42%, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat sebesar 40%, Kabupaten Tanah Datar.

Kemudian Sumatera Barat sebesar 36 %, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat sebesar 36 %, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau sebesar 26%, dan  Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau sebesar 22%.

Kenaikan trafik di area bandara yang tertinggi terjadi di Bandar Udara Sultan Thaha Syaifuddin, Kota Jambi sebesar 20 %, Bandara Minangkabau, Padang sebesar 3%. Lokasi pelabuhan dengan trafik tertinggi terjadi di Pelabuhan Waterfront, Nongsa, Batam sebesar 61%.

Untuk area lokasi wisata, trafik tertinggi terjadi di Jam Gadang, Kota Bukittingi, Sumatera Barat naik 43%, Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat 28% menyusul kemudian Tepi Laut Tanjung Pinang, 23%, dan Kebun Binatang, Kota Bukittinggi 21%.

Keberhasilan XL Axiata melayani pelanggan dan masyarakat sepanjang libur Lebaran tersebut tidak terlepas dari matangnya persiapan yang dilakukan sebelumnya.

“Selain itu, XL Axiata juga menawarkan sejumlah program menarik  bagi pelanggannya selama Ramadan dan Lebaran,” kata Desy.

XL Axiata juga terus meningkatkan cakupan layanan dan kualitas jaringan data. Pembangunan untuk perluasan dan peningkatan kualitas infrastruktur jaringan, baik penambahan BTS 4G dan juga fiberisasi terus dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Trafik Data XL Axiata Naik 37 Persen Selama Libur Lebaran 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Asrul Rahmawati