TNI AU Gelar Latihan Militer Bersama dengan Pasukan Udara Singapura

TNI AU
Komandan Wing Udara 4 sekaligus Direktur Latihan (Dirlat) dari pihak TNI AU, Kolonel Pnb Asep Wahyu Wijaya (kiri) saat membuka latihan bersama dengan Singapura di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau, Senin (8/7/2024). ANTARA/Ho-Humas TNI AU.

DERAP NUSANTARAJAKARTA (gokepri) – Jajaran TNI AU dan Republic of Singapore Air Force (RSAF) kembali menggelar latihan bersama untuk memperkuat hubungan bilateral dan pertahanan udara.

“Ini merupakan latihan Manyar Indopura ke-19 yang diharapkan dapat membangun dan mengembangkan ikatan yang lebih kuat antara kedua angkatan udara,” kata Komandan Wing Udara 4 sekaligus Direktur Latihan (Dirlat) dari pihak TNI AU, Kolonel Pnb Asep Wahyu Wijaya dalam siaran pers, Rabu 10 Juli.

Asep menjelaskan pembukaan latihan bersama ini telah dilakukan di Lobi Lantai 2 Gedung VIP Pandawa, Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Senin (8/7).

Menurut Asep, latihan Manyar Indopura ke-19 ini sangat berguna untuk mengasah kemampuan prajurit dalam menjelajah segala medan.

Tidak hanya itu, latihan ini juga membuat para prajurit semakin mengenali karakteristik alutsista yang mereka gunakan dalam menjalankan tugas.

Dia meyakini latihan tersebut akan meningkatkan kemampuan para prajurit TNI AU dalam menjalankan misi untuk mempertahankan teritorial udara Indonesia.

Dalam latihan yang dilakukan dari 8-19 Juli 2024 ini, kata Asep, kedua belah pihak akan melakukan beragam kegiatan seperti latihan manuver kemampuan SAR dan penggunaan persenjataan helikopter H225M/Caracal.

Dia mengatakan pihak TNI AU akan mengerahkan TNI AU mengerahkan helikopter H225 dari Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja, Bogor.

Dengan adanya kegiatan ini, Asep berharap hubungan bilateral antara Indonesia dan Singapura semakin terjalin dan kemampuan militer ke dua negara pun semakin meningkat.

SUMBER: ANTARA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Baca: INFOGRAFIS: Penetapan KEK Tanjung Sauh

BAGIKAN