Tiba di Tanah Air, Hercules Pembawa Obat Virus Corona Transit di Natuna

Peswat Hercules pembawa obat untuk pasien virus corona dari China.

Natuna (gokepri.com) – Pesawat Hercules yang diterbangkan ke Shanghai, China, untuk mengangkut peralatan dan obat guna membantu kesembuhan pasien virus corona (Covid-19) tiba di tanah air. Pesawat berkapasitas 9 ton ini mendarat di Lanud Raden Sadjad Ranai, Natuna, sekira pukul 09.25 WIB dan langsung disemprot disinfektan.

“Pesawat mendarat dengan aman di Lanud Raden Sadjad, Ranai, Natuna, pukul 09.25 WIB. Pesawat beserta krunya langsung disterilkan dengan disemprot disinfektan,” ujar Danlanud Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kolonel Pnb. Fairlyanto, Minggu (22/3/2020).

Sebelumnya, pesawat bernomor A 1333 tersebut diterbangkan dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Shaleh, Sabtu (21/3/2020) dan mendarat di Bandara Pudong-Shanghai, China pukul 14.15 UTC atau 21.15 WIB. Penerbangan ini melalui dua kali short stop (transit) yaitu di Lanud Sadjad Natuna dan Bandara Sanya di Hainan, untuk pengisian bahan bakar sebelum mendarat di Bandara Pudong, Shanghai.

Kembali ke tanah air, pesawat yang mengangkut obat dan peralatan ini transit di Natuna dan akan diterbangkan ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, besok pagi. Kru pesawat dipimpin Letnan Kolonen Pnb Suryo berjumlah 18 orang menggunakan prosedur kesehatan dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD) sehingga tidak tertular virus Corona.

Karo Humas Kemenhan, Brigjen TNI Totok Sugiharto dalam siaran pers tertulisnya, menyebutkan pesawat angkut berat TNI AU ini mengangkut sejumlah alat kesehatan dari China. Keberangkatan pesawat TNI AU sesuai dengan permintaan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

“Pengiriman pesawat ini, sesuai permintaan Menteri Pertahanan kepada Panglima TNI untuk memberikan dukungan pesawat terbang, dalam rangka pengambilan alat kesehatan yang berada di Shanghai,” tuturnya. (wan)

BAGIKAN