Tarif Parkir Pelabuhan Internasional Sekupang Naik

Pintu keberangkatan Pelabuhan Ferry Internasional Sekupang. Foto: ANTARA

BATAM (gokepri.com) – Tarif parkir di Pelabuhan Ferry Internasional Sekupang naik. Untuk mobil dikenakan tarif parkir sebesar Rp7.000, sedangkan untuk sepeda motor Rp3.000.

Kenaikan parkir ini dibenarkan oleh Kepala Pengelola Pelabuhan Ferry Internasional Sekupang, Jumarly. Kata dia, kenaikan tarif ini sudah terjadi sejak dua pekan lalu.

“Sudah sesuai dengan BUP (Badan Usaha Pelabuhan),” kata dia, kemarin.

Baca Juga: BP Batam Tegaskan Pemilihan Mitra Terminal Ferry Internasional Batam Center Transparan

Ia mengaku, sempat mendapat keluhan dari masyarakat sejak tarif parkir tersebut dinaikkan. Masyarakat juga sering parkir di luar pelabuhan untuk menekan biaya.

“Sempat ada yang mengeluh tapi lama-lama sudah paham,” kata dia.

Menurutnya, sejak kebijakan itu dibuat, saat ini penyesuaian kenaikan tarif sudah berlaku. Adapun penyesuaian kenaikan tarif parkir di pelabuhan terminal Ferry Internasional Sekupang adalah motor Rp3.000 untuk dua jam pertama (pass masuk Rp1.000 dan tarif parkir Rp2.000). Mobil Rp7.000 untuk dua jam pertama (pass masuk Rp2.000 dan tarif parkir Rp5.000).

Sementara untuk tarif parkir bus-box-truk Rp9.000 untuk dua jam pertama (pass masuk Rp4.000 dan tarif parkir Rp5.000).

Aturan baru ini mulai diberlakukan sejak tanggal 17 Juni 2024. Pemberlakuan tarif baru itu disebutkan berdasarkan pelaksanaan SE BUP No 7 Tahun 2024 tanggal 24 April 2024.

“Tentu kami menjalankan apa yang menjadi aturan, ” tuturnya.

Kenaikan tarif parkir itu membuat sejumlah pengunjung kaget, mereka mengira parkir di pelabuhan internasional berbeda dengan parkir di pelabuhan domestik.

“Kemarin domestik yang naik, sekarang pelabuhan internasional juga naik. Sekali masuk sekarang Rp7.000 belum lagi kalau kendaraan menginap di pelabuhan, saya pikir beda harga karena beda pengelolanya tapi sama-sama naik,” ujar Anwar salah seorang pengunjung Pelabuhan Internasional Sekupang.

Menurutnya, sangat disayangkan pelabuhannya sepi tapi tarif parkirnya naik. Hal ini tentu saja berdampak kepada jumlah pengunjung di pelabuhan. Demi menekan biaya, Anwar yang sering antar jemput penumpang itu terpaksa menjemput penumpang di luar pelabuhan.

“Kalau mau mengantar atau jemput penumpang mendingan parkir di luar aja, ” tuturnya.

Hal senada dikatakan Rido warga Batuaji. Ia mengaku kaget dengan kenaikan tarif parkir ini. Sebab sebelumnya biaya parkir hanya Rp2.000.

“Sekarang 15 menit pertama itu sudah Rp7.000,” ujarnya.

Ia berharap, kenaikan parkir bisa saja dinaikkan tetapi fasilitas juga harus ditingkatkan. “Kalau pun naik, fasilitas juga lebih ditingkatkan lagi lah. Jangan sama saja,” ucap Rido.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti

BAGIKAN