Tamasya Pantai, Ini Tujuh Wisata Pulau Terbaik di Kepri

Wisata pulau di Kepri
Pulau Bawah, Anambas, Kepulauan Riau. Foto: Bawah Reserve

BATAM (gokepri.com) – Kepri adalah surga bagi penyuka pantai dan penyelam. Ada banyak pilihan wisata pulau yang airnya jernih dan berpasir putih. Wisata pulau bisa menjadi satu ide liburan jika tamasya ke provinsi di utara Indonesia ini.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Luki Zaiman Prawira, Kepulauan Riau memiliki banyak objek wisata yang indah. Provinsi ini menyuguhkan beragam destinasi dan keindahan pantai dan alam yang menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal hingga mancanegara. “Kepri terkenal dengan keindahan wisata baharinya,” ungkap Luki.

Dekat dari Singapura, Kepulauan Riau adalah rumah bagi lebih dari seribu pulau, dan banyak di antaranya mudah diakses dari Batam. Dari resor pantai hingga pulau pribadi, berikut adalah tempat terbaik untuk menambah ide wisata pulau di Kepri.

1. Pulau Ranoh

Foto: Ranoh Island

Resor pulau dengan olahraga air dan glamping. Bepergian dengan anak-anak bisa jadi sulit, terutama ketika Anda mencari tujuan dengan aktivitas yang cukup untuk menghibur seluruh keluarga. Dengan segudang permainan rekreasi dan taman air yang dapat Anda dan anak Anda nikmati, Pulau Ranoh adalah tempat liburan keluarga yang ideal.

Pulau seluas 43 hektare ini hanya berjarak sekitar satu jam dari Batam, dan memberikan nuansa resor pantai utama. Pengelola menyelenggarakan beberapa aktivitas gratis untuk para tamu, seperti panahan, catur, dan bola voli. Atau, berenanglah di lepas pantai dan cobalah olahraga air seperti kano dan snorkelling.

Tantang diri Anda untuk olahraga air yang lebih mendebarkan seperti jet ski dan arung jeram, atau tetap nyaman di pantai dan berpose untuk foto Instagram sambil glamping.

Cara ke Sana: Naik bus selama 1 jam dari Batam ke Terminal Galang. Dari sana, naik speed boat selama 15 menit ke Pulau Ranoh.

2. Pulau Abang

Foto: Instagram/Tina Nugroho

Desa Kelong dengan ragam karang unik untuk snorkeling. Meskipun resor pantai ideal untuk keluarga dengan anak kecil, mereka yang menginginkan liburan pulau yang tenang harus mengunjungi tempat-tempat terpencil seperti Pulau Abang.

Pulau Abang adalah surga snorkelling. Terkenal dengan perairan dan kehidupan lautnya yang jernih, termasuk penampakan Karang Biru yang langka. Karang ini hanya ditemukan di kawasan Indo-Pasifik dan memiliki kerangka berwarna biru, berbeda dengan karang biasa yang berwarna putih.

Tidak seperti banyak pantai komersial, Pulau Abang juga relatif tidak terjamah wisatawan, sehingga Anda akan merasa seperti berada di tempat perlindungan tersembunyi di laut.

Cara ke Sana: Berkendara 1,5 jam dari Batam ke Pulau Galang melalui Jembatan Barelang. Dari sana, naik perahu pompong ke Pulau Abang.

3. Pulau Tunjuk

Foto: Instagram/Pantai Pulau Tunjuk

Pantai kampung terpencil di Batam dengan kapal karam. Bergabung dengan jajaran pulau-pulau kecil yang belum tersentuh adalah Pulau Tunjuk. Pantai berpasir putih dan airnya yang jernih menawarkan ketenangan yang baik dari kota yang sibuk.

Pantai berpasir di pulau ini sangat cocok untuk bersantai, dengan tempat tidur gantung yang tersebar di sekitar area tersebut. Karena itu, tidak mengherankan jika pengunjung sering mendirikan kemah di pulau selama mereka tinggal.

Saat Anda di sana, carilah situs kapal karam yang ditinggalkan. Itu terletak hanya sedikit di lepas pantai dan membuat tempat foto pulau terpencil yang pas.

Cara ke Sana: Dari pelabuhan Telaga Punggur di Batam, naik perahu pompong ke Pulau Tunjuk.

4. Kepri Coral Island

Foto: Kepri Coral Island

Pulau pribadi dengan rumah pohon dan memberi makan ikan. Pulau Kepri Coral adalah pulau pribadi yang relatif baru dengan banyak tempat foto dan aktivitas Instagrammable.

Beberapa atraksi estetika termasuk hutan bakau dengan gazebo, rumah pohon Tarzan, dan Dome Village. Dome Village sebenarnya adalah akomodasi di dalam pulau, dengan setiap kamar menawarkan fitur unik seperti sunroof dan pemandangan pulau yang indah.

Aktivitas pulau lainnya yang dapat Anda kunjungi termasuk restoran terapung di lepas pantai dan dek pengamatan bawah laut yang sangat keren untuk Anda mendapatkan pemandangan makhluk laut dari dekat.

Cara ke Sana: Naik bus selama 2 jam dari Batam ke Kepri Coral Terminal. Dari sana, naik perahu selama 30 menit ke Pulau Kepri Coral.

5. Pulau Labun

Foto: Labun Island Batam

Pulau resor dengan seafood kelong segar. Pecinta seafood pasti tahu kalau kelong wajib dikunjungi saat berada di Batam. Namun jika Anda ingin melangkah lebih jauh, manjakan lidah Anda dengan seafood yang baru ditangkap dari Pulau Labun.

Pulau resor ini terkenal dengan hidangan lautnya yang lezat, dan memiliki kelong dan restoran. Makanan laut di sini dimasak segar, jadi pastikan untuk tetap tinggal untuk makan siang dan makan malam.

Selain sajian makanannya yang lezat, Pulau Labun juga menjadi tujuan snorkeling yang populer berkat air yang jernih. Ini juga memiliki banyak kegiatan rekreasi untuk dinikmati pengunjung, termasuk memancing dan kayak.

Cara ke Sana: Naik bus sewaan dari Batam ke Pulau Galang Baru. Dari sana, naik perahu pompong selama 15 menit ke Pulau Labun.

6. Telunas Resorts

Foto: Telunas Resort

Pulau pribadi dengan bungalow dan spa di atas air. Telunas Resorts memiliki spa dan vila di atas air untuk Anda nikmati liburan bougie yang sesungguhnya.

Meski resor ini memiliki banyak fasilitas yang memanjakan seperti spa dan kolam renang tanpa batas, mereka juga memiliki beberapa olahraga air yang cukup intens. Kegiatan gratis termasuk jetty jumping, memancing, dan permainan pantai, tetapi pengunjung dapat membayar sedikit ekstra untuk naik dayung.

Untuk menebus nyeri otot pasca-aktivitas, pastikan untuk mengakhiri hari dengan pijat pemandangan laut sebelum kembali ke vila Anda untuk bermalam. Vila-vila di sini memiliki luas 90 meter persegi dan memiliki balkon pribadi mereka sendiri ditambah tempat tidur king-size untuk malam yang tenang.

Cara ke Sana: Pemandu wisata Telunas Resorts akan membawa Anda dari Terminal Feri Batam ke Sekupang. Dari sana, Anda akan naik perahu Telunas ke pulau itu.

7. Pulau Bawah

Foto: Bawah Reserve

Pulau mewah dengan laguna dan suite tepi pantai di Anambas. Anda mungkin mengasosiasikan wisata pulau dengan olahraga air yang berat dan kehidupan perkemahan terpencil, tetapi ada juga resor pulau super mewah yang cocok untuk semua Kane Lim di luar sana.

Misalnya, lihat Pulau Bawah, sebuah resor pribadi dengan 13 pantai. Pulau ini menawarkan tamasya berbayar dan aktivitas kelompok yang sempurna untuk healing. Ini tentang tamasya perahu ketika jam emas matahari terbenam, tur jalan kaki, dan bahkan kelas melukis batik.

Mereka yang ingin pergi ke laut juga dapat mengikuti kegiatan air seperti scuba diving dan stand-up paddle boarding. Pulau ini juga memiliki konservasi laut yang besar dan pantainya merupakan tempat bertelur bagi penyu, jadi Anda bahkan mungkin melihat reptil lucu berkeliaran.

Cara ke Sana: Pulau Bawah paling baik diakses dengan naik pesawat amfibi pribadi mereka dari Bandara Hang Nadim di Batam, dengan biaya USD800/orang untuk pulang pergi. Soal harga, mulai dari SGD2.552 per malam.

Baca Juga: Dari Montigo hingga The Sanchaya, Ini 7 Resor Mewah di Batam dan Bintan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Candra Gunawan

BAGIKAN