SMKN 3 Batam Wakili Kepri di Kompetisi Honda

SMKN 3 Batam

Batam (gokepri.com) – PT Capella Dinamik Nusantara (Capella Honda Kepri) selaku Main Dealer Sepeda Motor Honda wilayah Kepulauan Riau dengan dukungan dari PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar kompetisi di bidang pendidikan dalam program kontes kreativitas mengajar secara online antar guru SMK tingkat regional Kepulauan Riau.

Kegiatan ini merupakan salah satu komitmen dalam mendukung proses belajar mengajar secara daring sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan vokasi melalui penerapan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di seluruh Indonesia.

Di wilayah Kepulauan Riau saat ini sudah memiliki 4 SMK Jurusan TBSM (Teknik Bisnis Sepeda Motor yakni SMKN 3 Batam, SMKN 3 Tanjung Pinang, SMK Hang Nadim Batam, dan SMKN 1 Singkep.

“Kami berharap para perwakilan guru dari masing -masing sekolah ini menunjukan ide dalam bentuk materi yang menarik dan tetap menjaga kualitas dalam mengajar secara daring, sapa Johandi selaku Technical Service Manager CDN Kepri.

Kreativitas pembelajaran online antar guru khususnya dalam penerapan kurikulum TBSM Astra Honda ini akan dilombakan melalui seleksi dari tingkat regional untuk nantinya pemenang dari tiap wilayah regional akan bertarung di tingkat nasional.

Di kontes ini, para guru peserta wajib membuat sendiri bahan materi, serta memaparkan materi secara daring dengan waktu 30 menit, yang sudah ditentukan sesuai dengan kurikulum SMK TBSM. Guru peserta akan dinilai dari materi yang dibuat, cara membawakan materi, dan kesesuaian materi dengan kurikulum.

Para guru di seleksi di tingkat regional yang diselenggarakan pada tanggal 23 Juli 2021. Dari 4 guru yang diseleksi, Riki Ismail guru SMKN 3 Batam berhasil keluar sebagai pemenang dan sekaligus akan mewakili region Kepulauan Riau untuk berlomba di kancah nasional.

Selain Riki Ismail, Alvion guru dari SMKN 3 Tanjung Pinang berhasil mendapatkan juara ke-2.

Technical Service Manager CDN Kepri Johandi mengatakan kontes ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan kreativitas secara online oleh guru SMK binaan di tengah masa pandemi. Para guru ditantang untuk menyajikan materi yang menarik, ringkas, dan mudah dipahami siswa dalam proses belajar mengajar yang tidak melibatkan interaksi fisik secara langsung.

Baca juga: Capella Honda Kepri Bagikan Tips Ngerem di Aspal, Ini Tekniknya

Pada tingkat nasional, penilaian akan melibatkan tim juri yang terdiri dari para profresional trainer, tim technical AHM, tim Learning Center AHM serta juri dari kalangan profesional untuk peninalain video tutorial.

Kami berharap melalui kontes ini dapat mewujudkan standar kompetensi guru yang mumpuni sebagai modal utama melahirkan siswa-siswi SMK berkualitas di bidang otomotif khususnya roda dua,” tutp Johandi. (eri)

BAGIKAN