SMKN 2 Batam Dipercaya Kemendikbud Jalankan Program SMK Pusat Keunggulan

SMKN 2 Batam
Nursya'bani MPd, Kepsek SMKN 2 Batam. (Foto: istimewa)

Batam (gokepri) – SMKN 2 Batam tahun ajaran baru 2021 dipercaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemnedikbud) untuk menjalankan program Merdeka Belajar Episode ke 8 berupa SMK Pusat Keunggulan (KP).

Bukan tanpa alasan pihak Kemendikbud mempercayakan program SMK Pusat unggulan ini kepada SMKN 2 Batam. Pasalnya sekolah ini telah mengikuti serangkaian proses seleksi ketat yang diikuti ribuan SMK di Indonesia.

Sejumlah konsep telah disiap dalam upaya menyukseskan program tersebut, salah satunya lebih meningkatkan kerjasama berupa link and match dengan sejumlah perusahaan, baik keterlibatan dunia industri dalam penyusunan kurikulum, maupun magang/prakrin siswa, serta perikrutan lulusan terserap duni kerja.

Menurut Kepala Sekolah SMKN 2 Batam, Nursya’bani MPd, dengan diterapkannya SMK Pusat Keunggulan di SMKN 2 batam ini. pihaknya akan lebih memperluas lagi kelas industri, yang tadinya hanya dua lokal yakni jurusan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) dan Tata Boga. Diharapkan semua jurusan memiliki kelas industri

Ia yakin hal ini bisa terwujud, karena semua jurusan diterapkan di SMKN 2 Batam telah dipola dalam penyusunan kurikulum SMK berbasis Project Based Learning (PBL) dan Teaching Factory melibatkan sejumlah IDUKA.”Sekarang baru ada tiga kelas menerapkan kelas industri ini, yaitu jurusan UPW, Tata Boga dan Perhotelan. Kita targerkan semua jurusan diterapkan di SMKN 2 Batam ini ada kelas industrinya,” harap Nursya’bani. (aat)

|Baca Juga: Kadisdik Kepri Luncurkan SMK Pusat Keunggulan di SMKN 6 Batam

 

 

BAGIKAN