SMKN 1 Batam Menjadi Basis SMK Pusat Keunggulan

SMKN 1 Batam
SMK Negeri 1 Batam menyatakan siap menjalankan program merdeka belajar pada episode ke-8 berbasis SMK Pusat Keunggulan. (foto: istimewa)

Batam (gokepri) – SMK Negeri 1 Batam menyatakan siap menjalankan program merdeka belajar pada episode ke-8 berbasis SMK Pusat Keunggulan.

Sejumlah konsep telah disiap pihak sekolah dalam upaya menyukseskan program tersebut dengan lebih memperkuat lagi program revitalisasi SMK yang selama ini dijalankan.

Salah satunya meningkatkan kerjasama berupa link and match dengan sejumlah perusahaan, baik pelibatan dunia industri dalam penyusunan kurikulum, maupun magang/prakrin siswa.

Bahkan dalam program SMK Pusat Keunggulan ini sekolah lebih memperluas lagi kelas industri, terutama untuk tiga jurusan keahlian, yakni teknik otomasi industri, mekatronika dan teknik welding atau pengelasaan.

Menurut Waka Kurikulum SMKN 1 Batam, Ade Setiawan M.Ed, dan Waka Sarpras SMKN 1 Batam, Meri Yosepa MPd, serta Waka Humas SMK Negeri batam, Yarliansyah Agustian S.ST, bahwa pelaksanaan konsep SMK Keunggulan ini nantinya proses pembelajarannya difokuskan pada penguatan pembelajaran berbasis industri link and match.

Tentunya kata mereka, yang dikembangkan bersama Industri dan dunia kerja (IDUKA) dalam bentuk Project Based Learning maupun Teaching Factory.

Hal ini diklaim mereka, akan menciptakan budaya kerja industri di lingkungan sekolah, dan membekali jiwa wirausaha kepada peserta didik, sehingga SMKN 1 Batam dapat menjadi sekolah penggerak bagi sekolah lainnya di Provinsi Kepri, terkhusus SMK di Kota Batam.

Sementara konsep SMK Pusat Keungulan ini diterapkan SMK Negeri 1 Batam, diharapkan mereka nantinya dapat menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten dan adaptif terhadap perubahan teknologi yang semakin cepat. Di samping itu juga, kata mereka, SMK Pusat Keunggulan diterapkan di SMK negeri 1 Batam nanti, bisa dijadikan rujukan sebagai pusat inovasi pembelajaran vokasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi.

lebih dari itu, katanya, bisa dijadikan sebagai pusat keunggulan fasilitas sarana dan prasarana yang relevan untuk mrnjawab kebutuhan industri 4.0.

Maka dari itu, dengan penerapan Center of Excellence (COI) pada kompetensi tiga keahlian tersebut. Sehingga katanya, dapat memberikan imbas pada kompetensi keahlian yang lainnya diterapakn di SMKN 1 Batam.

Diharapkan mereka kedepannya, setiap jurusan diterapkan SMKN 1 Batam bisa saling bersinergi mengembangkan pusat keunggulan di kompetensi keahliannya masing-masing. (aat)

|Baca Juga: 6 SMK di Kepri Pilot Project SMK Pusat Keunggulan

BAGIKAN