Serunya Praktik Mapel Kesenian SMPN 12 Batam

Salah satu aksi Pentas Seni di SMPN 12 Batam, Rabu (05/02/2020). (Dokumentasi: SMPN 12)

Batam (gokepri.com)- Kreativitas tinggi ditunjukkan oleh guru dan siswa SMPN 12 Batam, Rabu (05/02/2020), saat menggelar praktik mata pelajaran (mapel) Kesenian yang dikemas menyerupai Pentas Seni. Para guru, komite sekolah, wali murid dan undangan puas.

Memang, suasana di SMPN 12 Batam tidak seperti biasanya. Siswa-siswi ada yang terlihat berpenampilan ala model dengan busana menarik. Mereka nampak ceria berkerumun di depan panggung sanggar kesenian yang berada di pojok sekolah.

Lapangan sekolah dipadati siswa lainnya berseragam sekolah dan baju olahraga. Di tengah-tengah lapangan telah berdiri tenda yang diisi sejumlah orang tua, guru, komite, dan tamu undangan lain.

Sebanyak 293 siswa-siswi kelas IX di SMPN 12, unjuk kreatifitas. Ada yang menampilkan tari-tarian, drama kolosal dan lainnya.
Penampilan mereka dinilai.

Lagi pula pihak sekolah juga menjanjikan bagi performance terbaik, nanti bisa tampil mengisi acara perpisahan kelas IX yang akan didakan di Planet Hotel, Jodoh.

“Selain dinilai, performance terbaik juara 1, 2 dan 3 akan tampil mengisi acara perpisahan kelas IX,” kata Kepala Sekolah SMPN 12 Batam, Dra Nurmi, saat mapel berlangsung.

Menurutnya, kegiatan ini cukup bermanfaat, selain siswa mendapat nilai praktek Mapel Kesenian, juga bisa menampilkan kreativitas mereka.

“Guru pelajaran Kesenian memberikan kebebasan pada anak didik untuk berkreativitas, yang penting penampilan dan busana dikenakan sopan,” ujar Nurmi.

Nurmi menjelaskan, Pentas Seni ini merupakan agenda tahunan diadakan bagi mapel Kesenian. Ia menilai, Pentas Seni tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumnya. Selain penampilan kreativitas anak bervariatif, tenda untuk tamu disiapkan lebih luas.

“Dulu acara Pentas Seni itu hanya satu tenda saja, dan sekarang menjadi dua dihadiri komite, orang tua, tamu undangan dan Pak Lurah Baloi Permai,” ucapnya.

Dijelaskan Nurmi, selain penilaian mapel Kesenian, di sekolahnya juga dilaksanakan mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) dan serta olahraga. (aat)

BAGIKAN