Selisih 1 Suara, Endang Menangi Pemilihan Wakil Wali Kota Tanjungpinang

Endang Abdullah memenangi Pemilihan Wakil Wali Kota Tanjungpinang yang digelar di DPRD Tanjungpinang, Senin (10/5/2021).
Endang Abdullah memenangi Pemilihan Wakil Wali Kota Tanjungpinang yang digelar di DPRD Tanjungpinang, Senin (10/5/2021).

Tanjungpinang (gokepri.com) – Endang Abdullah memenangi Pemilihan Wakil Wali Kota Tanjungpinang yang digelar di DPRD Tanjungpinang, Senin (10/5/2021). Ketua DPC Partai Gerindra Kota Tanjungpinang ini unggul dengan selisih 1 suara dari Ade Angga, Ketua DPD II Partai Golkar Kota Tanjungpinang.

Paripurna Pemilihan Wakil Wali Kota Tanjungpinang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Yuniarni Pustoko Weni didampingi Wakil Ketua I, Hendra Jaya. Hadir dalam pemilihan tersebut Wali Kota Tanjungpinang, Rahma.

Sementara anggota DPRD Kota Tanjungpinang yang hadir dalam pemilihan tersebut sebanyak 29 orang. Selanjutnya, Ketua Pansus Pemilihan Wakil Wali Kota Hendy Amerta menjelaskan cara pemilihan kepada 29 anggota dewan yang mempunyai hak suara.

Dari hasil perhitungan suara, Endang Abdullah mengantongi 15 suara. Perolehan suara Endang diperkirakan berasal dari anggota DPRD Tanjungpinang Partai Gerindra, Nasdem, PDIP, dan PKB.

Sementara Ade Angga hanya mengantongi 14 suara. Perolehan suara Ade Angga diperkirakan berasal dari anggota DPRD Kota Tanjungpinang Partai Golkar, PKS, Hanura, Demokrat, PPP, dan PAN.

Sebagaimana diketahui, terdapat 30 kursi DPRD Tanjungpinang hasil Pemilu 2019. Terdiri dari PDIP dan Golkar sama-sama 5 kursi, Nasdem 4 kursi, PKS dan Gerindra sama-sama 3 kursi, kemudian PKB, Hanura, Demokrat, PPP, dan PAN sama-sama 2 kursi.

Partai Golkar dan Gerindra merupakan partai pengusung Syahrul-Rahma pada Pilwako Tanjungpinang 2018. Kursi wakil wali kota kosong setelah Rahma naik menempati jabatan wali kota yang ditinggalkan almarhum Syahrul.

Untuk mengisi kursi wakil wali kota tersebut, Partai Golkar dan Gerindra sama-sama mengusulkan kader terbaiknya. Partai Golkar mengusulkan Ade Angga dan Gerindra mengusulkan Endang Abdullah.

Menjelang pemilihan, Ade Angga yang menduduki Wakil Ketua I DPRD Tanjungpinang mengundurkan diri. Sedangkan Endang Abdullah merupakan purnawirawan TNI Angkatan Laut dengan pangkat Letkol. (wan)

BAGIKAN