Salat Iduladha di Batam Berlangsung Khusyuk Meski Diguyur Hujan

salat iduladha di batam
Warga Batam usai melaksanakan Salat Iduladha di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Senin (17/6/2024). Foto: Gokepri.com/Engesti

Batam (gokepri.com) – Ribuan warga Batam, Kepulauan Riau melaksanakan salat Iduladha 1445 Hijriah di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Senin 17 Juni 2024. Salat tetap berlangsung khusyuk meski jemaah sempat diguyur hujan.

Pantauan Gokepri.com, hujan lebat mewarnai Salat Iduladha di wilayah Batuaji dan sekitarnya. Hujan turun sejak pukul 6.30 WIB. Meski hujan, namun tidak menyurutkan niat dan semangat ribuan umat Islam untuk mengikuti salat Iduladha di salah satu masjid terbesar di Sumatra itu.

Mereka tetap khusyuk menyelesaikan rakaatnya sebelum akhirnya berteduh di dalam masjid. Pengurus masjid lalu memberikan handuk dan tisu bagi para jemaah yang basah terkena hujan.

Baca Juga: Pawai Obor Keliling Meriahkan Malam Iduladha di Kampung Bugis

Lokasi titik salat Iduladha 1445 Hijriah di Batam Kepulauan Riau meningkat jika dibandingkan jumlah titik salat Idulfitri pada April lalu. Tidak main-main, penambahannya ternyata mencapai lebih dari 100 titik.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Zulkarnain mengatakan kenaikan jumlah titik salat terasa sangat signifikan. Pada Idulfitri lalu jumlah titik salat mencapai 889 titik, sementara data sementara jumlah titik salat Iduladha kali ini terdata sudah mencapai 906 titik.

“Titik salat Idulfitri kemarin itu 889. Nah Iduladha bertambah, apakah memisahkan diri dari titik shalat sebelumnya? Itu kita tidak mengerti, Iduladha titik shalatnya saat ini 906 titik,” ucap Zulkarnain, Minggu (16/6/2024).

Zulkarnain menambahkan, peningkatan titik salat secara signifikan dalam waktu singkat kali ini terjadi hanya terjadi di Batam dalam lingkup Provinsi Kepri.

“Se-Kepri itu titik salat yang mengalami perubahan signifikan itu cuma kita. Kalau di tempat yang lain itu nggak berubah biasanya, segitu-segitu aja. Mungkin dua tahun baru tambah, atau tiga tahun baru tambah, kita malah lebih cepat,” kata Zulkarnain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti

BAGIKAN