Ruang Kelas Terbatas, Rombel SD Ditambah Jadi 36 Siswa

ppdb sd batam 2024
Kepala Dinas Pendidikan Batam Tri Wahyu Rubianto. Foto: gokepri/Muhammad Ravi

Batam (gokepri) – Batam masih menghadapi keterbatasan ruang kelas untuk sekolah dasar negeri. Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengeluarkan kebijakan dengan menambah jumlah siswa per rombongan belajar sebanyak 36 siswa agar bisa menampung siswa.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Batam, kuota daya tampung SD Negeri di Kota Batam tahun ini sebesar 15 persen atau sebanyak 1.879 siswa. Sementara untuk kuota jalur zonasi sebesar 80 persen dan perpindahan orang tua wali sebesar 5 persen. Adapun daya tampung SD Negeri tahun ajaran 2024/2025 di Batam sebanyak 12.528 siswa atau terdiri dari 348 rombongan belajar (rombel).

Baca Juga:

“Melihat antusiasme masyarakat yang tinggi untuk menyekolahkan anaknya di sekolah negeri dan keterbatasan ruang kelas dan tenaga pengajar, maka Pak Wali Kota mengambil diskresi, yakni menetapkan bahwa jumlah siswa per rombel sebanyak 36 siswa,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Batam Tri Wahyu Rubianto, Jumat 7 Juni.

Sebanyak 675 orang pendaftar tercatat di Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam untuk jalur afirmasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Dasar (SD) di Kota Batam. Masa pendaftaran jalur afirmasi yang dibuka sejak tanggal 3 Juni 2024 ini akan ditutup hari ini, Jumat 7 Juni 2024.

“Sampai pagi ini, total ada 675 orang yang sudah mendaftar dan melengkapi berkas,” ujar Wahyu. Dari jumlah pendaftar tersebut, 568 orang sudah selesai diverifikasi berkas pendaftarannya oleh operator di sekolah tempat mereka mendaftar. “Verifikasinya saat ini sedang berjalan terus dan hari ini kami minta untuk dapat diselesaikan. Lalu, besok (8/6) akan kami umumkan hasilnya,” kata Wahyu.

Secara keseluruhan, tercatat 3.031 orang yang sudah membuat akun pendaftaran PPDB jenjang SD di Kota Batam. Menurut Wahyu, peserta yang sudah membuat akun ini juga dipersiapkan untuk pendaftaran jalur zonasi dan perpindahan orang tua wali yang akan dibuka pada tanggal 10 – 15 Juni mendatang. “Karena sudah punya akun, jadi nanti mereka tinggal mendaftar saja,” ujarnya.

Penulis: Muhammad Ravi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News