Ridwan Kamil Gabung Golkar, Ia Beberkan Alasannya

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto menyerahkan KTA Partai Golkar pada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta. Foto: ANTARA/Reno Esnir

JAKARTA (gokepri.com) – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi gabung Golkar. Saat bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Rabu 18 Januari 2023 ia pun membeberkan alasannya bargabung ke partai tesebut.

Dilansir laman CNN Indonesia, Ridwan Kamil yang telah dua kali menduduki posisi kepala daerah ini sebelumnya tidak tergabung dengan partai politik.

Pada 2013, ia terpilih sebagai Wali Kota Bandung usai diusung PKS dan Gerindra. Kemudian pada 2018, ia terpilih di menjadi Gubernur Jawa Barat dengan diusung empat partai, yaitu PPP, PKB, Hanura, dan NasDem.

Ridwan Kamil mengakui bergabungnya ia ke Partai Golkar tak lepas dari sosok ketua umumnya, Airlangga Hartanto.

Keduanya cukup dekat. Ridwan Kamil mengatakan sangat mengapresiasi sisi kemanusiaan dan kehumanisan Airlangga Hartanto.

“Kami sering berdiskusi urusan ekonomi sebagai kapasitas beliau di kabinet dan juga hal-hal personal, waktu saya ada musibah beliau datang lebih dari sekali menyampaikan simpati bagi saya,” ujarnya, dikutip dari Antara.

Menurutnya, di bawah kepemimpinan Airlangga, Golkar banyak memiliki inovasi. Misalnya inovasi seperti Yellow Clinic hingga Golkar Institute,

“Bagi saya itu keren. Generasi Z, generasi muda, butuh narasi-narasi yang konkrit bukan hanya pencitraan retorika tetapi implementasi,” ujarnya.

Selain itu, Ridwan Kamil merasa Golkar memiliki sejarah yang konsisten dalam membangun, kekaryaan, dan progresif, yang menurutnya hal itu sesuai dengan semangatnya.

Ia pun mengaku tak meminta posisi strategis di Partai Golkar. Ia senang dengna keputusan Airlangga yang menempatkan dirinya di bidang penggalangan pemilih dan pemenangan pemilu. Dia pun siap mendukung dan mengkampanyekan Airlangga sebagai Calon Presiden 2024.

Baca Juga: Survei SMRC: Dukungan untuk Ridwan Kamil Menguat, Sandiaga Melemah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Penulis: Asrul Rahmawati/Antara

BAGIKAN