Registrasi Akun LTMPT Siswa Dibuka hingga 15 Februari

Registrasi LTMPT
Situs LTMPT. (foto: tangkapan layar)

Jakarta (gokepri.com) – Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Prasetyo mengatakan registrasi akun siswa untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dibuka mulai 10 Januari hingga 15 Februari 2022.

“Registrasi akun dimulai pada hari ini dan akan ditutup pada 15 Februari 2022 pukul 15.00 WIB,” ujar Budi, Senin 10 Januari 2022.

Sementara registrasi akun LTMPT sekolah telah dimulai sejak 4 Januari 2022. SNMPTN merupakan seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) berdasarkan nilai akademik maupun nilai prestasi lainnya. Untuk biayanya ditanggung oleh pemerintah dengan kuota minimum 20 persen.

Siswa yang dapat mengikuti SNMPTN merupakan siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada 2022 yang memiliki prestasi unggul. Selain itu, memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN, memiliki NISN dan terdaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), memiliki nilai rapor semester satu hingga lima yang telah diisikan di PDSS, dan peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun. LTMPT mensyaratkan siswa tidak lintas minat.

Untuk persyaratan sekolah adalah SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN. Untuk ketentuan akreditasi, yakni akreditasi A 40 persen terbaik di sekolahnya, kemudian sekolah dengan akreditasi B dengan kuota 25 persen siswa terbaik di sekolahnya, dan akreditasi C dan lainnya hanya lima persen siswa terbaik di sekolahnya. (Penulis: Candra Gunawan/Antara)

  • Baca Juga:

Rudi Semangati Mahasiswa asal Anambas yang Kuliah di Batam

BAGIKAN