Real Madrid Permalukan Liverpool di Anfield

Real Madrid
Penyerang Real Madrid Vinicius Junior (kanan) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Liverpool bersama penyerang Real lainnya Rodrygo (tengah) dan bek Eder Militao pada pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions di Stadion Anfield, Liverpool, Rabu (22/2/2023) dini hari WIB. Foto: AFP/Paul ELLIS

BATAM (gokepri) – Real Madrid berhasil bangkit dari ketinggalan dua gol dan mempermalukan tuan rumah Liverpool dengan skor 5-2 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Anfield, Liverpool pada Rabu dini hari 22 Februari 2023.

Kemenangan tersebut memperkuat langkah Real Madrid menuju leg kedua yang akan dimainkan di kandang mereka sendiri pada 15 Maret mendatang, seperti yang dicatat dalam laman resmi UEFA.

Kedua tim langsung menampilkan permainan dengan tempo cepat sejak peluit awal dibunyikan. Liverpool berhasil mencetak gol pembuka lewat Mohamed Salah pada menit ke-4 setelah mendapatkan cukup ruang dan waktu untuk mengirimkan umpan silang yang kemudian disambut oleh Diego Nunez dengan tumitnya untuk membobol gawang Thibaut Courtois.

Namun, Real Madrid tidak mengendurkan usahanya untuk menyamakan kedudukan. Mereka mendapatkan peluang untuk mencetak gol, namun tembakan dari Karim Benzema masih dapat diblok dan sepakan penyelesaian dari Salah melenceng meski mampu mengecoh dua pemain Real. Pada menit ke-14, Liverpool berhasil menggandakan keunggulan mereka lewat blunder Courtois yang gagal menguasai bola yang kemudian didorong oleh Salah ke gawang Real.

Tertinggal dua gol tidak membuat Real Madrid menyerah begitu saja. Vinicius berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit ke-21 dengan melepaskan sepakan melengkung yang tak bisa dihalau oleh kiper Alisson. Blunder Alisson pada menit ke-35 membuat bola membentur Vinicius dan mengarah masuk ke gawangnya sendiri sehingga Real Madrid berhasil menyamakan kedudukan.

Real Madrid semakin menekan pertahanan Liverpool dan berhasil membalikkan keadaan pada menit ke-47 setelah tendangan bebas Luka Modric berhasil ditanduk dengan mudah oleh Eder Militao yang tidak dikawal sama sekali. Karim Benzema mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-55 setelah bermain operan satu-dua dengan Rodrygo dan melepaskan sepakan yang terdefleksi Joe Gomez sehingga berhasil mengecoh Alisson dan masuk ke gawang Liverpool.

Meski Liverpool mencoba mempertajam lini depan mereka dengan memasukkan Diogo Jota dan Roberto Firmino, Real Madrid justru berhasil memperbesar keunggulan pada menit ke-67. Diawali kesigapan Modric untuk merebut bola dan menginisiasi serangan balik, bola kemudian dikirimkan kepada Vinicius yang lantas mengoperkannya kepada Benzema, yang masih sempat mengecoh Alisson sebelum mencetak gol kelima untuk Real Madrid.

Meski Liverpool mencoba keras untuk mengancam gawang Real Madrid hingga akhir pertandingan, mereka tidak mampu menembus rapatnya pertahanan lawan.

Daftar susunan pemain Liverpool vs Real Madrid:

Liverpool: Alisson, Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez (Joel Matip 73′), Virgil van Dijk, Andrew Robertson, Jordan Henderson (James Milner 73′), Fabinho, Stefan Bajcetic (Harvey Elliot 85′), Mohamed Salah, Darwin Nunez (Diogo Jota 64′), Cody Gakpo (Roberto Firmino 64′)

Real Madrid: Thibaut Courtois, Dani Carvajal, Eder Militao, Antonio Rudiger, David Alaba (Nacho Fernandez 27′), Federico Valverde, Eduardo Camavinga, Luka Modric (Toni Kroos 87′), Rodrygo (Dani Ceballos 81′), Karim Benzema (Marco Asensio 87′), Vinicius Junior

***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Baca Juga: Liverpool vs Real Madrid: Prediksi Pertandingan dan Susunan Pemain

Penulis: Candra Gunawan

BAGIKAN