Real Madrid Juara Piala Super Spanyol

Real madrid juara
Para pemain dan pelatih Real Madrid merayakan keberhasilan menjuarai Piala Super Spanyol di Stadion Al-Awwal, Riyadh, Minggu (14/1/2024). Foto: AFP/GIUSEPPE CACACE

Batam (gokepri) – Real Madrid meraih gelar juara Piala Super Spanyol setelah menang atas Barcelona 4-1 di Stadion Al Awwal, Riyadh, Arab Saudi, Minggu setempat atau Senin (15/1/2024 dini hari WIB.

Kemenangan Real diwarnai trigol Vinicius Junior, sedangkan Robert Lewandowski mengemas gol semata wayang untuk Barcelona. Tim Katalan itu sendiri harus kehilangan Ronald Araujo pada babak kedua, di laga yang disebut oleh pelatih Xavi Hernandez sebagai malam terburuk timnya.

Rodrygo melengkapi kemenangan Real melalui gol penutupnya. Real pun memenangi kompetisi itu untuk ke-13 kalinya, sekaligus membalas kekalahan di final tahun lalu dari lawan yang sama.

Baca Juga: Real Madrid Datangkan Jude Bellingham dari Dortmund

“Vinicius membutuhkan dua atau tiga pertandingan untuk kembali ke level terbaiknya, dan ia melakukannya,” kata pelatih Real Carlo Ancelotti seperti dikutip AFP.

Pria Italia itu kini selevel dengan Zinedine Zidane, dengan raihan 11 trofi juara sebagai pelatih Real Madrid. Mereka hanya tertinggal dari Miguel Munoz yang total mengoleksi 14 trofi.

“Saya gembira, namun sekarang kami harus mendapatkan (trofi) yang ke-12,” tutur Ancelotti kepada Real Madrid TV.

Juara bertahan Liga Spanyol Barcelona berharap kemenangan akan dapat memicu mereka kembali ke penampilan terbaik di musim ini, namun mereka justru terpuruk, setelah Vinicius mengemas dua gol awal.

“Saya kecewa, sedih… Inilah sepak bola dan hari ini kami harus berurusan dengan sisi pahit pertandingan. Kami memiliki banyak harapan dan kegembiraan menuju final, dan kami menjalani salah satu pertandingan terburuk,” ujar Xavi.

Kesulitan bendung Real

Xavi memainkan empat gelandang untuk berusaha meredam sang lawan, namun Barca tetap kesulitan membendung Real.

Laga baru berusia tujuh menit saat Vinicius mengemas gol pembukaan. Pemain Brazil yang sebelumnya dibekap cedera itu menerima operan sempurna dari Jude Bellingham, dan sempat mengecoh Inaki Pena sebelum menceploskan bola ke gawang Barca.

Tiga menit berselang, Vinicus kembali membobol gawang Barcelona. Kali ini gol diawali dari pergerakan Rodrygo, yang mengeksploitasi garis pertahanan tinggi Barcelona, untuk kemudian mengirim umpan kepada kompatriotnya untuk dikonfirmasi menjadi gol kedua.

Pasukan Xavi berusaha bangkit secepatnya, dan Ferran Torres melepaskan tembakan yang membentur mistar gawang sebelum Andriy Lunin menepis upaya Lewandowski.

Namun kiper Ukraina itu tidak mampu berbuat banyak saat Lewandowski melepaskan sepakan voli yang melesak masuk ke gawang Real pada menit ke-33.

Real masih mampu merestorasi keunggulan dua golnya pada menit ke-39. Araujo melanggar Vinicius di kotak terlarang, untuk membuat ia mendapat kartu kuning dan memberikan hadiah penalti kepada Real. Vinicius lantas sukses mengeksekusi penalti untuk melengkapi trigolnya.

Xavi berusaha mengatur ulang strateginya pada babak kedua, namun justru Real yang mampu mengemas gol keempat.

Rodrygo berada di posisi dan waktu yang tepat untuk mengonversi bola menjadi gol, setelah Jules Kounde memblok umpan tarik Vinicius. Araujo melengkapi malam yang buruk bagi dirinya, ketika ia melanggar Vinicius yang berbuah kartu kuning kedua.

Daftar susunan pemain:

Real Madrid: Andriy Lunin, Dani Carvajal, Anthony Rudiger, Nacho, Ferland Mendy, Aurelien Tchouameni, Toni Kroos, Federico Valverde, Jude Bellingham, Rodrygo, Vinicius Junior

Pelatih: Carlo Ancelotti

Barcelona: Inaki Pena, Ronald Araujo, Jules Kounde, Andreas Christensen, Alejandro Balde, Ilkay Gundgan, Frenkie De Jong, Ferran Torres, Pedri, Sergi Roberto, Robert Lewandowski

Pelatih: Xavi Hernandez

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN