Rapala Bakamla Kumpulkan 6,8 Ton Sampah di Batam

Rapala Bakamla
Rapala Bakamla beraksi membersihkan sampah di Pulau Buluh. Foto: Humas Bakamla RI Batam

Batam (gokepri.com) – Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala) Bakamla belum seminggu dibentuk, namun telah menunjukkan aksi. Rapala Bakamla RI Batam telah berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 6,8 ton dalam satu hari.

Sampah tersebut dikumpulkan bersama Forkopimda Batam, Seven Clean Seas dan para nelayan di Pulau Buluh, Kecamatan Bulang, Kamis 23 Mei 2024.

Pranata Humas Ahli Muda Bakamla RI Kapten Bakamla Yuhanes Antara dalam keterangan tertulisnya, Kamis 23 Mei 2024 mengatakan kegiatan bersih-bersih sampah tersebut merupakan program KKP Bulan Cinta Laut yang diadakan oleh Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Dan Laut (BPSPL) Batam.

Baca Juga: Bakamla Bangun Pangkalan di Batam, Amankan Zona Maritim Barat

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, demi menjaga ekosistem di laut,” kata Yuhanes.

Yuhanes mengatakan kegiatan tersebut akan dilaksanakan setiap minggu selama dua bulan.

Keikutsertaan Bakamla dalam kegiatan sosial juga ditunjukkan menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah beberapa waktu lalu Pangkalan Bakamla pada waktu itu menyalurkan puluhan paket sembako kepada para nelayan yang ada d pulau penyangga.

Beberapa lokasi yang jadi tempat penyaluran sembako yaitu di Pulau Lence, Tembesi dan Pulau Panjang Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Bakamla RI, Antara

BAGIKAN