Puskesmas Dabo Datangi Rumah Warga untuk Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular

puskesmas dabo
Tim Puskesmas Dabo mengecek kondisi kesehatan warga dengan mendatangi rumah-rumah warga. Foto: Istimewa/Dok. Puskesmas Dabo

Lingga (gokepri.com) – Puskesmas Dabo melalui Tim Posbindu Mobile melakukan kegiatan deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM) dengan mendatangi langsung warga di kediamannya yang berada di sekitar Dabo Singkep, Kabupaten Lingga.

Kegiatan penanggulangan PTM ini dilaksanakan Sabtu 8 Juni 2024 lalu di Dabo Singkep. Kegiatan ini merupakan kombinasi upaya inisiatif pemeliharaan mandiri oleh petugas, masyarakat, dan individu yang bersangkutan.

Penanggung Jawab Program PTM UPT Puskesmas Dabo Ns Cintari Juliandry usai melakukan kegiatan deteksi dini di salah satu rumah warga mengatakan kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat mengetahui kondisi kesehatan mereka.

Baca Juga: Polsek-Puskesmas Dabo Lama Laksanakan Vaksinasi Pelajar

“Kami dari Tim Posbindu Mobile Puskesmas Dabo melakukan kegiatan deteksi dini penyakit tidak menular. Kegiatannya yang kami lakukan pengecekan tensi dan melakukan cek gula darah,” kata dia.

Pengecekan dini itu kata Cintari agar masyarakat mengetahui kondisi status kesehatan pada dirinya. Jadi kita bisa mencegah penyakit tidak menular, seperti penyakit diabetes dan penyakit hipertensi.

Ia berharap masyarakat bersedia untuk dilakukannya pemeriksaan kesehatan pada diri mereka untuk mengetahui kondisi tubuh mereka lebih dini kata dia. Ia mengakui selama ini ada juga penolakan oleh sebagian warga saat akan dilakukan pengecekan kesehatan.

“Hambatan yang kami temukan di lapangan, yaitu terkadang adanya penolakan dari masyarakat yang merasa takut jika hasil ini tidak baik,” kata Cintari.

Cintari menambahkan dengan dilakukan kegiatan tersebut, setidaknya dapat dilakukan langkah pencegahan andai nantinya ditemukan adanya hasil yang tidak baik dari pemeriksaan tersebut.

“Padahal melalui kegiatan ini dapat kita lakukan pencegahan. Apa pun hasilnya yang tidak baik dapat dicegah, kita lakukan penyuluhan agar kondisi ini tidak bertambah buruk,” kata dia.

Sejauh ini yang dilakukan Tim Posbindu Puskesmas Dabo saat melakukan kegiatan deteksi dini terhadap penyakit tidak menular kepada masyarakat adalah dengan melakukan pengecekan berat badan, tinggi badan, cek gula, dan pengukuran tensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Jamariken Tambunan

BAGIKAN