Puluhan Mobil dari Karimun Antre Masuk Daftar Tunggu Kapal Roro ke Pakning

Kendaraan roda empat yang diangkut KMP Tandemand dari Karimun ke Pakning. (Ilfitra/gokepri.com)

Karimun (gokepri.com) – Puluhan kendaraan masuk dalam daftar tunggu untuk diberangkatkan dari Pelabuhan Parit Rempak, Karimun ke Pelabuhan Sei Pakning, Bengkalis, Riau.

Sudah hampir 100 kendaraan roda empat mengantre di parkiran Pelabuhan Parit Rempak menunggu jadwal keberangkatan ke Pakning pada Rabu, 3 April 2024.

Kendaraan itu akan diangkut menggunakan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Tandemand.

Sejatinya, kapasitas KMP Tandemand hanya mampu menampung 35 unit kendaraan roda empat untuk satu kali keberangkatan. Dengan catatan, apabila kendaraan roda dua sepi.

Namun, Apabila kendaraan roda juga banyak yang diberangkatkan maka kapasitas KMP Tandemand hanya mampu mengangkut 30 unit kendaraan roda empat.

“Kapasitas KMP Tandemand hanya 35 mobil, jika sepeda motornya sepi. Kalau motor banyak, hanya 30 mobil saja,” ujar Kepala ASDP Karimun, Barlias Suheri.

Barlias menyebut, untuk angkutan lebaran Idul Fitri maka pihaknya lebih memprioritaskan pengangkutan kendaraan pribadi dan bukan mobil barang ataupun truk dan mobil besar lainnya.

“Untuk angkutan lebaran yang diutamakan itu adalah kendaraan pribadi,” katanya.

Menurut jadwalnya, KMP Tandemand berangkat dari Pelabuhan Roro Punggur, Batam berlayar Rabu pukul 10.00 WIB dan sampai sekitar pukul 18.00 WIB.

Dari Karimun, kapal tersebut berlayar ke Pelabuhan Sei Selari, Sungai Pak Ning, Kabupaten Bengkalis pukul 20.00 WIB sampai Kamis sekitar pukul 08.00 WIB pagi atau sekitar 12 jam pelayaran.

Kemudian, dari Pakning kapal berlayar ke Karimun pada Kamis pukul 16.00 WIB sampai lagi di Karimun Jumat sekitar pukul 06.00 WIB.

Selanjutnya, dari Karimun Jumat sekitar 08.00 WIB ke pelabuhan Selat Beliah dan kembali lagi ke Karimun sekitar pukul 16.00 WIB dan kembali lagi ke Batam pada pukul 20.00 WIB.

Penulis: Ilfitra

BAGIKAN