PSSI Gandeng KNVB, Kolaborasi Pembinaan Talenta Muda

PSSI KNVB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kanan) saat berdiskusi dengan Sekjen KNVB Gijs de Jong terkait kerja sama pembinaan sepak bola Indonesia. (instagram @erickthohir)

Batam (gokepri) – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menjalin kerja sama strategis dengan federasi sepak bola Belanda (KNVB) untuk meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia. Kolaborasi ini difokuskan pada pembinaan talenta muda dan pertukaran pertandingan persahabatan antar tim nasional.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, melalui akun Instagram pribadinya (@erickthohir) mengumumkan kesepakatan tersebut. “PSSI dan KNVB ingin membuat program pembinaan untuk grassroots sepak bola Indonesia,” tulisnya.

Baca Juga:

Program pembinaan ini akan dirancang secara komprehensif untuk menumbuhkan bibit-bibit unggul sepak bola Indonesia sejak usia dini. Erick Thohir menjelaskan bahwa program ini akan mencakup berbagai aspek, mulai dari pelatihan teknik, pengembangan fisik, hingga pembinaan mental.

Selain pembinaan grassroots, PSSI dan KNVB juga sepakat untuk mengagendakan kedatangan Timnas Belanda ke Indonesia. Timnas Belanda, mulai dari senior, junior, hingga timnas putri, akan secara bergantian bertanding melawan timnas Indonesia dalam pertandingan persahabatan.

“Mereka akan datang secara bergantian di setiap tahun,” ujar Erick Thohir. Pertandingan persahabatan ini diharapkan dapat menjadi ajang pemanasan bagi timnas Indonesia dan sekaligus menjadi tolok ukur perkembangan sepak bola nasional.

Kerja sama ini merupakan bagian dari upaya PSSI untuk meningkatkan prestasi sepak bola Indonesia di kancah internasional. Erick Thohir menegaskan bahwa PSSI tidak akan berhenti berusaha untuk membawa sepak bola Indonesia ke level yang lebih tinggi.

“Persaingan ke depan semakin ketat dan penuh tantangan. Tetap kerja keras dan pantang menyerah,” pesannya.

Upaya membangun sepak bola Indonesia, menurut Erick Thohir, harus dilakukan dengan cara yang luar biasa (“out of the box”) karena sepak bola juga melibatkan mentalitas. Oleh karena itu, PSSI sebelumnya juga telah mendatangkan timnas Argentina ke Indonesia untuk bertanding melawan timnas Indonesia yang masih muda.

“Ketika kami bisa menghadapi Argentina, kami bisa menghadapi siapa pun,” tandasnya.

Kerjasama PSSI dan KNVB ini menjadi angin segar bagi masa depan sepak bola Indonesia. Dengan pembinaan yang tepat dan kesempatan untuk bersaing dengan tim-tim kuat seperti Belanda, diharapkan talenta muda Indonesia dapat berkembang pesat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN