Posko Terpadu Angkutan Nataru di Bandara Hang Nadim Resmi Ditutup

posko terbaru angkutan nataru
Posko Nataru di Bandara Hang Nadim Batam resmi ditutup, Kamis (4/1/2024). Foto: Dok. BIB

Batam (gokepri.com) – Bandara Internasional Hang Nadim Batam sukses melayani penumpang lewat Posko Terpadu Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang beroperasi sejak tanggal 19 Desember 2023 sampai dengan 3 Januari 2024.

Dalam waktu 16 hari sejak beroperasinya posko, bandara meningkatkan kualitas layanan secara terpadu, mencakup fasilitas, keamanan, dan keselamatan penerbangan.

Direktur Operasi Bandara Internasional Batam (BIB), Nugroho Jati, memimpin apel penutupan posko pada hari Rabu, 3 Januari 2024.

Penutupan posko dihadiri oleh berbagai pihak terkait, seperti Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan, Basarnas Batam, Polsek Kawasan Bandara Hang Nadim, Operator Airline, Operator Ground Handling, Manajemen dan staf BIB, serta stakeholder lainnya.

Baca Juga: Bandara Hang Nadim Bersiap Sambut Lonjakan Penumpang Libur Akhir Tahun

Nugroho Jati menyampaikan apresiasi kepada semua yang terlibat dalam pelaksanaan posko terpadu, menekankan koordinasi antarpihak yang memungkinkan Bandara Hang Nadim beroperasi dengan aman dan lancar.

“Melalui koordinasi antar pihak, Bandara Internasional Hang Nadim dapat beroperasi dan melayani pengguna jasa bandar udara dengan aman dan lancar,” kata Nugroho dalam keterangan resmi yang diterima pada Kamis, 4 Januari 2024.

Selama perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Bandara Hang Nadim mengoptimalkan sistem keamanan dan keselamatan penerbangan, meningkatkan konsistensi pemeriksaan keamanan, dan memastikan kemampuan operasional bandara. Juga, dilakukan skenario operasional termasuk inspeksi harian secara terpadu dan peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa bandar udara.

Pada periode Natal 2023, tanggal 19 Desember 2023 sampai dengan 25 Desember 2023 jumlah pergerakan arus penumpang mencapai 84.059 pax atau naik 3,6% dibanding tahun sebelumnya, dan sampai dengan tanggal 3 Januari 2024 Bandara Internasional Hang Nadim telah melayani penumpang sebanyak 176.629 pax atau naik 0,4% dibanding tahun sebelumnya.

Dengan akumulasi pergerakan penumpang berangkat sebanyak 86.586 pax dan penumpang datang sebanyak 90.043 pax dengan total penerbangan 1.295 flight termasuk penambahan penerbangan sebanyak 45 flight.

Puncak tertinggi pergerakan arus penumpang terjadi pada tanggal 23 Desember atau H-2 Natal 2023 yaitu mencapai 14.660 pax atau naik 20,3% dibanding tahun sebelumnya. Tujuan penerbangan didominasi dari dan ke Jakarta, Medan.

Direktur Utama BIB, Pikri Iham Kurniansyah, menegaskan bahwa posko terpadu adalah komitmen PT BIB dalam memastikan layanan optimal, seiring dengan renovasi Terminal 1 yang sedang berlangsung. Perusahaan berkomitmen untuk terus berupaya memaksimalkan seluruh aktivitas operasional bandara demi kelancaran dan keamanan pengguna jasa.

“Untuk itu kami (BIB) sebagai pengelola akan terus berupaya untuk memaksimalkan seluruh aktivitas operasional bandara dapat berjalan dengan baik dan normal,” kata Pikri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Muhammad Ravi

BAGIKAN