Politisi Muda Dito Ariotedjo Jabat Menpora

Pelantikan Menpora
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo memberikan keterangan usai pelantikan dirinya di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4/2023). (ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga)

JAKARTA (gokepri) – Presiden RI Joko Widodo melantik politisi muda Partai Golkar Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga di Istana Negara, Jakarta pada Senin 3 April 2023.

Pelantikan Dito Ariotedjo berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 26/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Pemuda dan Olahraga Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Isi Keputusan Presiden itu sebagaimana dibacakan Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama, yakni Dengan Rahmat Tuhan YME Presiden RI menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memutuskan, menetapkan dan seterusnya, kesatu, mengangkat saudara Ario Bimo Nandito Ariotedjo sebagai Menpora Kabinet Indonesia Maju dalam Sisa Masa Jabatan Periode 2019-2024.

Baca Juga: Jokowi Lantik Menpora, Kepala BNPT dan Ambil Sumpah Wakil Ketua MA

Kedua dan seterusnya ditetapkan di Jakarta 3 April 2023, Presiden Joko Widodo. Pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap Dito dilakukan berbarengan dengan pelantikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel.

Selanjutnya Presiden mengambil sumpah kepada Dito sebagai Menpora baru sekaligus Rycko sebagai Kepala BNPT. Sambil dipandu Presiden keduanya mengucapkan sumpah bersama-sama,

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD Negara RI Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab.”

Dito Ariotedjo menggantikan Zainudin Amali yang telah mengajukan surat pengunduran diri selaku Menpora sejak 9 Maret 2023.

Amali mundur karena ingin fokus menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Sementara Presiden Jokowi sebelumnya menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana Tugas Menpora.

Dito Ariotedjo adalah Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Periode 2017-2022, organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar. Dito diketahui menjadi Ketua Panitia HUT Ke-58 Golkar pada tahun lalu.

Pria kelahiran Jakarta, 25 September 1990 itu adalah pengusaha yang pada 2021 bekerja sama dengan Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor untuk membentuk Rans Sport.

Di bidang olahraga, Dito pernah pernah menjadi Chef de Mission Kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina dan menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Ia kini menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023 dan bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL). Sejak April 2022, Dito masuk ke dalam jajaran Tim Ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Antara

BAGIKAN