PILKADA 2024: PAN Buka Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Anambas

pilkada anambas 2024
Kantor Bupati Kepulauan Anambas di Pasir Peti. Foto: istimewa

Anambas (gokepri) – Meski hanya meraih satu kursi dalam pemilu legislatif 2024, DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Kepulauan Anambas berani membuka pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Pendaftaran sudah dibuka sejak Kamis (18/4/2024). Pembukaan pendaftaran ini bertujuan untuk mempersiapkan mekanisme partai yang harus dilalui dalam menghadapi Pilkada Serentak 2024 yang semakin dekat.

“Pendaftaran ini kami buka lebih awal mengingat tahapan Pilkada sudah dimulai,” ujar Sekretaris DPD PAN Anambas, Muslim, saat ditemui di Sekretariat DPD PAN Anambas, Kompleks Kangkan Tanjung, Kamis (18/4/2024).

Baca Juga:

Pilkada Anambas 2024
Sekretaris DPD PAN Anambas, Muslim. Foto: istimewa

Menurut Muslim, bacalon yang mendaftar akan melalui mekanisme internal partai sesuai dengan arahan DPP dan DPW PAN. “Nanti ada tim penjaringan yang akan menyeleksi bacalon yang mendaftar,” jelas Muslim.

Hingga saat ini, Muslim mengatakan belum ada bacalon yang secara resmi mendaftar ke DPD PAN Anambas. “Baru kami buka pendaftaran, kita tunggu saja nanti,” kata Muslim sembari tersenyum.

Muslim mengungkapkan DPD PAN Anambas juga membuka peluang untuk menjalin koalisi dengan partai lain untuk memenangkan Pilkada Serentak 2024. “Kami terbuka untuk koalisi dengan partai lain,” tutur Muslim. Bagi para calon yang ingin mendaftarkan diri sebagai bacalon Bupati dan Wakil Bupati Anambas dari PAN, dapat langsung datang ke Sekretariat DPD PAN Anambas di Komplek Kangkan Tanjung.

Koalisi Pilkada Anambas

Untuk diketahui, PAN hanya meraih satu kursi dalam pemilu legislatif DPRD Anambas 2024. Kursinya diraih oleh Firdiansyah dari daerah pemilihan 3. Total suara PAN sebanyak 1.922. Jumlah kursi PAN di DPRD Anambas untuk periode 2024-2029 berkurang dari dua kursi menjadi satu kursi.

Adapun PPP peraih kursi terbanyak dengan empat kursi dari 20 kursi. PPP mempertahankan kursi Ketua DPRD. PPP pun bisa mengusung calon sendiri tanpa harus koalisi dengan partai lain. Alasannya karena jumlah kursinya sudah memenuhi ambang batas pencalonan yang mewajibkan 20 persen dari total kursi DPRD.

Pada Pilkada Anambas tahun 2020, Bupati Abdul Haris dan Wakil Bupati Wan Zuhendra disokong koalisi gemuk. Mereka diusung PPP, PDIP, Demokrat, NasDem, Gerindra, Golkar dan PBB. Koalisi ini punya jumlah kursi 16 dari 20.

Sementara PAN dan Hanura mengusung Yusrizal dan Fatahurraman. Total kursinya empat.

Ketika itu Pilkada Anambas diikuti tiga pasangan calon. Ada pasangan calon jalur independen yakni Fachrizal-Johari.

Cek Berita dan Artikel yang lain diĀ Google News

Penulis: Wisnu Een

BAGIKAN