Piala Dunia U-17 Bawa Berkah bagi Sektor Pariwisata dan Ekraf

Piala dunia u-17
Foto: Kemenpora

Jakarta (gokepri) – Penyelenggaraan Piala Dunia U-17 akan mendongkrak sektor pariwisata nasional karena ajang level internasional itu diperkirakan dapat menarik animo penonton yang besar.

Hal itu disampaikan oleh pakar strategi pariwisata nasional Taufan Rahmadi dalam pernyataan tertulis. Taufan memprediksi turnamen yang mempertandingkan para pemain muda itu dapat menarik sampai 18 ribu orang dalam setiap pertandingannya.

“Selama kegiatan berlangsung diharapkan akan mengundang para pencinta sepak bola di seluruh Nusantara ataupun yang datang dari luar negeri,” kata Taufan.

Baca Juga: Daftar 21 Pemain Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023

Jika bicara target 18.000 penonton per pertandingan, menurut dia, paling tidak akan terjadi perputaran uang Rp2 triliun. “Ini belum termasuk nilai ekonomi yang dihasilkan dari penjualan tiket, sponsorship-sponsorship, telekomunikasi, value branding, MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition), entertainment, pajak dan lain sebagainya,” katanya.

Pendapat senada juga disampaikan oleh praktisi Ikatan Cendikiawan Praktisi Indonesia Azril Azahari.

Ia menilai penyelenggaraan Piala Dunia U-17 akan mendatangkan banyak manfaat bagi Indonesia selaku tuan rumah.

“Sektor pariwisata di empat kota penyelenggara Piala Dunia U-17 akan berkembang seiring berlangsungnya event ini. Begitu juga dengan sektor ekonomi kreatif,” kata Azril.

Pertandingan-pertandingan Piala Dunia U-17 akan dihelat di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya. Jakarta International Stadium akan menjadi tempat berlangsungnya laga-laga Grup C dan E, sedangkan Stadion Si Jalak Harupat di Banding akan menyajikan pertandingan-pertandingan Grup G dan F.

Stadion Manahan di Solo akan menjadi tempat pertandingan-pertandingan Grup B, sementara timnas Indonesia dan tim-tim Grup A lainnya akan memainkan fase grup di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Antara

BAGIKAN