PIALA AFRIKA 2023: Salah Selamatkan Mesir, Ghana Takluk dari Tanjung Verde

Piala afrika 2023
Kapten Mesir Mohamed Salah mengeksekusi tendangan penalti pada pertandingan Grup B Piala Afrika 2024 kontra Mozambique di Stadion Félix Houphouët-Boigny, Abidjan, Pantai Gading, Minggu (14/1/2024). Pada pertandingan tersebut Mesir ditahan imbang Mozambique 2-2. (Website resmi CAF)

Batam (gokepri) – Mohamed Salah menyelamatkan Mesir dari kekalahan. Sementara Ghana takluk dari Tanjung Verde pada pertandingan Grup B Piala Afrika 2023, Senin (15/1/2024) dini hari WIB.

Mesir berhasil terhindar dari kekalahan ketika berjumpa Mozambique setelah eksekusi penalti Mohamed Salah membuat pertandingan berkesudahan dengan skor 2-2.

Bermain di Stadion Félix Houphouët-Boigny, Abidjan, Mesir berhasil unggul cepat ketika pertandingan baru berjalan dua menit lewat gol yang dicetak oleh Mostafa Mohamed setelah memaksimalkan umpan Salah sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Baca Juga: Taklukkan Mesir Lewat Adu Penalti, Senegal Juara Piala Afrika

Meskipun begitu, Mozambique berhasil membalikkan keadaan ketika memasuki babak kedua lewat gol yang dicetak oleh Witiness Quembo dan Clesio Bauque hanya dalam kurun waktu tiga menit.

Quembo berhasil membuat skor kembali sama kuat menjadi 1-1 pada menit 55 setelah umpan Domingos Macandza dapat ia konversikan menjadi gol lewat sundulan kepala.

Hanya berselang tiga menit, Mozambique membalikkan keadaan menjadi 2-1 setelah Bauque berhasil membobol gawang Mesir setelah mengalahkan kiper Mohamed El Shenawy dalam situasi satu lawan satu.

Ketika pertandingan sepertinya akan berakhir untuk kemenangan Mozambique, Mesir mendapatkan harapan untuk terhindar dari kekalahan setelah mendapatkan hadiah tendangan penalti karena Macandza melanggar Mostafa di kotak terlarang pada menit 90+7.

Mohamed Salah yang maju sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya dengan baik setelah tendangan penaltinya tak dapat dihalau kiper Mozambique Ernan, sehingga skor 2-2 bertahan sampai pertandingan selesai.

Sementara itu, kekalahan didapatkan oleh Ghana yang takluk dari Tanjung Verde dengan skor 1-2 di Stadion Félix Houphouët-Boigny, Abidjan.

Tanjung Verde berhasil unggul terlebih dahulu pada pertandingan ketika laga sudah berjalan 17 menit lewat gol yang dicetak Jamiro Monteiro dan membuat babak pertama berkesudahan dengan skor 1-0 untuk keunggulan skuad The Blue Sharks.

Meskipun begitu, pada babak kedua Ghana dapat menyamakan kedudukan berkat Alexander Djiku pada menit 56 setelah memanfaatkan umpan Jordan Ayew sehingga skor kembali sama kuat 1-1.

Pada sisa waktu pertandingan, kedua tim berupaya untuk mencari gol kemenangan, dan pada akhirnya Tanjung Verde berhasil keluar sebagai pemenang berkat gol larut Garry Rodrigues setelah memanfaatkan umpan Gilson Tavares sehingga skor berubah menjadi 2-1 pada menit 90+2. Skor ini bertahan hingga pertandingan selesai.

Berkat hasil ini, Tanjung Verde menempati posisi pertama Grup B Piala Afrika 2023 dengan torehan tiga poin dari satu pertandingan, Mesir dan Mozambique berada di peringkat kedua serta ketiga dengan masing-masing satu poin, sedangkan Ghana berada di tempat terakhir tanpa poin.

Selanjutnya Mesir akan bertemu Ghana pada pertandingan kedua Grup B, Kamis (18/1), sedangkan Mozambique ditantang oleh Tanjung Verde di hari yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN