PHRI Batam : Tes PCR dan Antigen Murah Dapat Dorong Pemulihan Pariwisata

Rapid test antigen di MTQ Tanjungpinang

Batam (gokepri.com) – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batam mendorong pemerintah untuk terus dapat menekan tarif tes PCR dan Antigen. Guna menggairahkan sektor pariwisata, khususnya di Kota Batam.

Ketua PHRI Kota Batam, Mansyur mengatakan harga tes yang murah tentu akan dapat menarik wisatawan Nusantara untuk berkunjung ke Batam. Terlebih lagi jumlah kasus Covid-19 di Kota Batam saat ini sudah menujukan penurunan.

“Tes PCR dan Antigen tidak perlu dihapus, tapi paling tidak pemerintah bisa subsidi supaya murah,” kata Mansyur, Selasa (14/9/2021).

Menurutnya, tingkat hunian hotel di Batam saat ini masih sepi dan jauh di bawah rata-rata. Hal itu memang dampak dari pandemi Covid-19 yang menyebabkan tidak datangnya wisatawan Mancanegara ke Kota Batam.

Kemudian, kondisi ekonomi yang lesu juga membuat wisatawan Nusantara ataupun warga lokal enggan menginap di hotel. Hal ini diakuinya memang menjadi tantangan bagi pelaku usaha perhotelan dan restoran yang ada di Batam.

“Sampai saat ini perihal tingkat hunian hotel di Batam memang masih jauh di bawah rata-rata,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap pemerintah dapat memberikan kemudahan-kemudahan bagi para pelaku usaha yang akan menanamkan modalnya di Batam. Tak hanya pengusaha asing saja tapi juga pelaku usaha dalam negeri.

“Investasi memang perlu didorong dan pemerintah harus memberikan kemudahan bagi semua pelaku usaha,” jelasnya.

Kemudian, terkait dengan rencana penerapan travel bubble antara Indonesia dan Singapura, Mansyur mengatakan pihaknya menyambut baik rencana tersebut. Kawasan Nongsa sejauh ini sudah sangat siap untuk melaksanakan travel bubble.

“Kalau rencana kan memang sudah lama. Tapi untuk realisasinya kami belum tahu, karena ini kan memang menyangkut kebijakan dua Negara. Dan pastinya Singapura ataupun Indonesia sangat berhati-hati,” katanya.

(ard)

| Baca Juga: Garuda Indonesia Gandeng Siloam Hadirkan Promo Tes PCR dan Antigen Rp 1

BAGIKAN