Pesona Destinasi Wisata Unggulan di Bintan, Primadona di Kepulauan Riau

treasure bay
Treasure Bay, Bintan. Foto: Shutterstock

BATAM (gokepri) – Pulau Bintan menjadi salah satu dari gerbang wisata di Indonesia. Hal ini membuat Pulau Bintan sangat potensial untuk mengembangkan sentra wisata belanja dan cross border tourism. Cerahnya masa depan pariwisata di Pulau Bintan juga dapat dilihat dari data kunjungan wisatawan mancanegara.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Bintan, jumlah kunjungan wisatawan yang berlibur ke Pulau Bintan mecapai 588.000 pada 2023. Dari jumlah itu, jumlah wisatawan mancanegera sebanyak 265.000 orang. Sedangkan, wisatawan domestik sebanyak 323.000 kunjungan.

Baca:

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Guntur Sakti mengungkapkan Bintan siap melayani wisatawan berlibur mulai dari kegiatan olahraga fisik maupun menikmati panorama alam. “Alhamdulillah fasilitas wisman di Bintan di Kawasan Wisata Lagoi semakin lengkap,” terangnya belum lama ini.

Wisman yang datang ke Kepri jelas Guntur, memiliki dua karakter. Yaitu datang pagi pulang sore (Reperters) dan datang Jumat pulang Minggu (Weekenders). “Kita memang wilayah border. Beda dengan Bali dan Jakarta. Kita perjalanannya jarak pendek,” jelasnya.

Secara bertahap Bintan Resorts terus meningkatkan fasilitas dan properti baru. Seperti hadirnya Four Points by Sheraton, Indigo Hotel, Holiday inn, Movenpick Bintan Lagoon. Dengan tambahan properti baru tersebut jumlah kamar di Kawasan Pariwisata Lagoi mencapai 3.000 kamar lebih. Tentunya event internasional lainnya dapat digelar di kawasan ini.

“Dari dimensi supply sudah siap. Fasilitas, amenitas dan atraksi telah tersedia. Harapan kunjungan wisman dapat meningkat,” sebutnya.

Untuk konsep di Bintan Resorts, kata Guntur, ada tiga atraksi. Yaitu alam, budaya dan wisata buatan. Seperti event internasional yang digelar disini, peserta berlomba dalam olahraga sekaligus menikmati kebudayaan dan alam.

“Jadi kita akan terus perbanyak atraksi agar kunjungan wisman di Bintan khususnya Kepri bisa mencapai target,” ucapnya.

Destinasi Wisata Unggulan Bintan

Selain wisata belanja, Pulau Bintan juga memiliki potensi besar di bidang bahari, budaya, sejarah, edukasi dan religi. Kelima kategori ini merupakan paket lengkap yang dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Bintan.

Ada beberapa destinasi wisata unggulan di Pulau Bintan yang potensial untuk menggaet minat wisatawan mancanegara maupun domestik. Berikut adalah 7 destinasi wisata di Pulau Bintan dan sekitarnya yang memiliki pesona dan keindahan tak terbantahkan:

Pulau Penyengat

Pulau penyengat
Masjid Pulau Penyengat. Foto: gokepri/Engesti Fedro

Berlokasi tidak jauh dari Pulau Bintan, Pulau Penyengat bisa diakses menggunakan kapal feri. Meskipun terbilang kecil, namun Pulau Penyengat menjadi pusat destinasi wisata religi yang menarik untuk ditelusuri.

Di Pulau Penyengat terdapat situs wisata religi yang terkenal, yakni Masjid Raya Sultan Riau. Selain itu Pulau Penyengat juga memiliki destinasi wisata sejarah lain, seperti Gedung Mesiu, Kompleks Makam Raja Abdurrahman, Kompleks Makam Raja Ali Haji, dan Istana Kantor. Daya tarik wisata di Pulau Penyengat juga telah kesohor ke negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.

Treasure Bay

treasure bay
Treasure Bay, Bintan. Foto: Kemenparekraf

Salah satu destinasi wisata yang telah lama menjadi primadona di Pulau Bintan adalah Treasure Bay. Destinasi wisata ini punya luas area 338 hektar dengan total luas kolam renang mencapai 6,3 hektar. Dengan luas tersebut, Treasure Bay pun dilabeli sebagai Kolam Renang Terbesar se-Asia Tenggara.

Menariknya lagi, air kolam renang di Treasure Bay berasal dari air laut yang telah disuling. Tak hanya itu, keunikan Treasure Bay juga tampak dari tepian kolamnya yang dilapisi bahan fiber putih. Sekilas membuatnya seperti pasir putih pantai.

Lanskap Vihara 100 Wajah di Pulau Bintan yang banyak dikunjungi wisatawan domestik, maupun wisatawan mancanegara. Foto: Shutterstock/Heru Sukma Cahyanto)

Vihara 1.000 Wajah

vihara 1.000 wajah
Foto: Shutterstock

Suasana negeri tirai bambu akan terasa saat kita pertama kali menginjakkan kaki ke Vihara 1.000 wajah di Pulau Bintan. Kompleks yang bernama asli Vihara Ksitigarbha Bodhisattva tersebut memiliki ratusan patung dengan berbagai ukuran dan ekspresi wajah yang berbeda. Konon, ekspresi yang ditunjukkan tersebut merupakan ekspresi Buddha ketika dalam wujud manusia.

Patung-patung terbuat dari batu granit, dan dibuat oleh seniman asli Tiongkok. Selain patung-patung seribu wajah, daya tarik lain dari vihara ini adalah patung Buddha setinggi lima meter yang terdapat di depan vihara.

Danau Biru Kawal

Gubernur Ansar PDRB Kepri
Ilustrasi: Objek wisata Danau Biru di Desa Busung, Kabupaten Bintan, kawasan pariwisata yang dikelola oleh BUMDes setempat. Gubernur H Ansar Ahmad menginginkan desa-desa di Kepri tumbuh menjadi desa yang kuat. (foto: Kominfo Kepri)

Khas pulau yang pernah menjadi lokasi penambangan, Pulau Bintan juga memiliki danau cantik yang bernama Danau Biru Kawal. Danau ini dulunya merupakan bekas area tambang yang terisi air dan kini dijadikan destinasi wisata. Gundukan bebatuan berwarna putih berpadu dengan air jernih yang seakan membiru menjadi salah satu spot foto yang banyak diincar wisatawan saat berkunjung ke Pulau Bintan.

Pantai Senggiling

Jika ingin menikmati pantai yang tergolong masih sepi, bisa coba singgah ke Pantai Senggiling. Pantai berpasir putih ini memiliki lingkungan yang masih sangat asri, karena jarang terjamah manusia. Selain pasir putih, di sepanjang Pantai Senggiling juga terdapat jajaran batu karang yang seakan membingkai pantai.

Desa Wisata Ekang

Destinasi wisata di Pulau Bintan selanjutnya adalah Desa Wisata Ekang, yang menawarkan sensasi wisata berbasis alam pedesaan. Tidak hanya belajar berkebun dan bermain dengan kelinci, wisatawan juga dapat menjajal ragam olahraga menarik. Mulai dari berkuda, bersepeda, hingga jogging santai. Cocok banget dijadikan tujuan wisata keluarga.

Bintan Mangrove

Potensi wisata bahari di Pulau Bintan tidak henti-hentinya menarik minat wisatawan. Selain pantai, Pulau Bintan juga memiliki Hutan Mangrove. Kawasan hutan mangrove ini berada di Sungai Sebong dan terbentang sepanjang 6,8 km.

Wisatawan dapat menyusuri sungai dengan menggunakan perahu motor. Selain menikmati asrinya hutan bakau, kawanan monyet, berang-berang, ular pohon, hingga kehadiran kingfisher juga akan menyapa wisatawan yang datang. Bagaimana, semakin penasaran dan tertarik untuk berlibur ke Pulau Bintan?

Penulis: Candra Gunawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

BAGIKAN