Perusahaan Properti Jepang Mitsubishi Estate Segera Masuk Batam

Mitsubishi Estate Batam
Petinggi Mitsubishi Estate Asia dan Tuan Sing Holding bersama pejabat BP Batam, Selasa 23 Januari 2024. Foto: Dok. BP Batam

Batam (gokepri) – Perusahaan pengembang properti internasional asal Jepang akan berinvestasi di Batam. Mereka adalah Mitsubishi Estate Asia (MEA) yang punya berbagai proyek di Asia Tenggara dan Oceania.

Mitsubishi Estate sudah bertemu dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam untuk menjajaki proyek investasi properti. Pertemuan berlangsung di kantor BP Batam pada Selasa (23/1/2024).

Dari pertemuan itu, MEA menyatakan ingin mengembangkan proyek kondominium di Batam. Skema investasinya disebut lewat kerja sama. MEA mengunjungi BP Batam didampingi oleh petinggi Tuan Sing Holding Limited, perusahaan properti asal Singapura yang punya proyek Opus Bay di kawasan Tanjung Riau, Batam.

Baca Juga: 

President Director Mitsubisi Estate Asia Yasuaki Oda menyatakan kunjungannya ke BP Batam merupakan kesempatan bagi perusahaannya untuk mengeksplorasi potensi dan peluang investasi di Batam. “Terima kasih kepada BP Batam yang telah menyambut kedatangan kami, memberikan data dan informasi kepada kami terkait pertumbuhan ekonomi hingga progres pengembangan di Batam,” kata Oda.

Oda memandang Batam sangat ramah berbisnis dan investasi, baik dari segi perpajakan maupun hukum. Selain itu, Batam juga sangat terbuka untuk investor asing. “Keunikan Batam menjadi salah satu faktor yang membedakannya dari kota-kota lain di Indonesia. Kemudahan akses masuk ke Batam dan kebijakan yang mendukung investasi tampaknya menjadi daya tarik bagi kami,” tuturnya.

Head of Asset and Fund Management Tuan Sing Holdings (Opus Bay) Patrick Tan mengatakan perusahaannya mengundang Mitsubishi untuk menjajaki potensi kerja sama yang dapat memberikan dampak positif pada pengembangan ekonomi dan infrastruktur di Batam. Menurut Patrick, Batam dianggap sebagai kota yang sangat strategis dan memiliki potensi besar untuk investasi properti.

Ia meyakini kolaborasi dengan Mitsubishi dapat mengakselerasi kemajuan proyek-proyek yang tengah dikembangkan di kawasan tersebut. “Masa depan Batam terlihat cerah. Dengan bandara baru dan kedatangan maskapai asing, kami yakin jumlah wisatawan akan terus meningkat. Permintaan untuk layanan, pariwisata, dan perhotelan akan menjadi sangat baik ke depannya di Kota Batam ini,” papar Patrick.

Tuan Sing juga mengungkapkan langkah BP Batam dalam memberikan kemudahan akses kepada para investor sebagai langkah pertama yang penting dalam meraup investasi.

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam Ariastuty Sirait sangat senang dan menyambut baik atas kunjungan ini. Ia menyatakan bahwa dengan kedatangan perusahaan besar seperti Mitsubishi Estate, akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan Batam.

“Batam termasuk salah satu kota yang sangat berpotensi. Oleh karena itu, mereka (Mitsubisi Estate Asia) berencana untuk membangun kondominium. Meskipun masih dalam tahap diskusi, harapan kami dengan kedatangan perusahaan besar seperti Mitsubishi ini, Batam akan terus berkembang dan menjadi kota yang semakin maju,” ujarnya.

Sebagai gambaran, Mitsubishi Estate Asia didirikan Mitsubishi Estate Co. Ltd sejak 2008. Kantor MEA berada di Singapura. Selain di Singapura, perusahaan ini memiliki berbagai bisnis di Thailand, Vietnam, Myanmar, Malaysia, Filipina, Indonesia dan Australia, dengan perkiraan nilai aset kotor saat ini sekitar SGD1.558 juta. Mitsubishi dan Tuan Sing tercatat pula bekerja sama mengembangkan pusat perbelanjaan mewah di Karawang dengan nama The Grand Outlet East Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN