Pertemuan Leaders’ Retreat Terakhir Presiden Jokowi dan PM Lee

Indonesia dan Singapura
Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong langsung di Kantor Perdana Menteri untuk melakukan pertemuan informal di Singapura pada Kamis (16/3/2023). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden.

Batam (gokepri) – Tahun 2024 akan menjadi pertemuan Leaders’ Retreat Indonesia-Singapura terakhir era kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

PM Lee untuk pertama kali menghadiri pertemuan Leaders’ Retreat RI-Singapura pada November tahun 2016. Lokasi pertemuan berlangsung di Semarang. Leaders’ Retreat menjadi pertemuan tahunan antara RI-Singapura untuk membahas hubungan bilateral terutama menjajaki perluasan kerja sama dan pengembangan regional. Salah satu yang selalu dibahas adalah kawasan ekonomi dan perdagangan bebas Batam Bintan Karimun atau BBK.

Pada Leaders Retreat 2023 di Singapura misalnya, Presiden Jokowi dan PM Lee menyepakati beberapa hal terkait dengan pelayanan ruang udara, perjanjian ekstradisi dan perjanjian kerja sama pertahanan. Leaders’ Retreat setahun sebelumnya, RI-Singapura menandatangani 10 kesepakatan kerja sama.

Baca Juga:

Adapun rencana waktu dan tempat pelaksanaan pertemuan Leaders’ Retreat (LR) tahun 2024 masih dibicarakan oleh kedua pemerintahan. Pertemuan LR tahun ini merupakan LR terakhir bagi kedua pemimpin negara, karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengakhiri masa jabatannya pada 20 Oktober 2024 dan Perdana Menteri (PM) Lee Hsien Loong juga akan menyerahkan jabatannya sebelum November 2024.

Didahului Pertemuan Tingkat Menteri

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Duta Besar (Dubes) Singapura untuk Indonesia Kwok Fook Seng membahas rencana kerja sama bilateral ekonomi 6 Working Groups (WG) Indonesia-Singapura.

leaders retreat 2024
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Dubes Singapura untuk Indonesia Kwok Fook Seng membahas rencana kerja sama bilateral ekonomi 6 Working Groups (WG) Indonesia-Singapura, Rabu (3/4/2024). Foto: Kemenko Perekonomian

Kerja sama 6 WG merupakan forum bilateral yang bertujuan meningkatkan kolaborasi ekonomi kedua negara, dengan salah satu area kerja sama mencakup kawasan ekonomi Batam, Bintan, Karimun (BBK) dan kawasan ekonomi husus (KEK) lainnya. Kerja sama juga mencakup peningkatan sektor investasi, transportasi, tenaga kerja, agribisnis, dan pariwisata.

“Diharapkan Pertemuan Tingkat Menteri Kerja Sama 6 WG dapat dilaksanakan sebelum pertemuan para leaders (retreat),” kata Menko Airlangga dalam keterangan resmi, Rabu 3 April 2024.

Pelaksanaan Ministerial Meeting (MM) 6 WG direncanakan untuk dirangkaikan dengan penyelenggaraan Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) Clean Economy Investor Forum pada Juni 2024 mendatang di Singapura.

Dalam rangka persiapan MM 6 WG, akan dilaksanakan pertemuan Senior Officials’ Meeting (SOM) pada Mei 2024 di Yogyakarta, menghadirkan perwakilan dari masing-masing kelompok kerja 6 WG untuk menyampaikan perkembangan masing-masing kelompok kerja (pokja).

“Saya menantikan kabar positif dari para kelompok kerja 6 WG, menjelang Pertemuan Tingkat Menteri di Singapura nanti,” kata Menko Airlangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

BAGIKAN