Perkuat Sekolah Penggerak Gelar IHT Terhadap Guru

Sekolah Penggerak
Guru dan Dewan Komite Pembelajaran sedang mengikuti In house Training dengan nara sumber Pengawas SMP Disdik Kota Batam, Safarman MPd. (Foto: istimewa)

Batam (gokepri) – Demi memperkuat penerapan program Sekolah Penggerak, SMPN 38 Batam menggelar In House Traning (IHR) untuk guru penggerak.

Kegiatan IHT ini dibuka langsung Kasi Kurikulum Disdik Kota Batam, Kurniadi MPd, kemarin. IHT menghadirkan narasumber Pengawas SMP Disdik Kota Batam, Safarman MPd. Acara ITH ini diikuti oleh guru dan Dewan Komite Pelajaran (DKP) yang akan menjalankan program sekolah penggerak tersebut.

Menurut Kurniadi, Sekolah Penggerak SMP untuk Batam tadinya jatahnya hanya 5 sekolah namun pihak Kemendikbud memberi bonus 1 sekolah lagi menjadi 6 sekolah. Begitu pula untuk SD jatah dari kemendibud hanya 7, dan ditambah 1 lagi menjadi 8 sekolah.

Dikatakan Kurniadi, bahwa secara konsep Sekolah Penggerak ini memiliki perbendaan dari sekolah lainnya. Mulai sistem pembelajaran, hingga kompetensi/karakteristik.

“Nanti tahun ke 2, Sekolah Penggerak ini harus ada pengimbasan bagi sekolah lainnya. Dan akhir dari Sekolah penggerak ini, dapat mewujudkan profil pelajar pancasila,” ujarnya.

Sementara Kepala Sekolah SMPN 38 Batam, Alfida Hasan SPd, bahwa penerapan Sekolah Penggerak ini dimulai pada 12 Juli mendatang pada tahun ajaran baru. Namun untuk persiapan sebelumnya telah dlakukan berupa pelatihan bagi Dewan Komite Pelajaran dan saat ini berupa In House Traning untk semua guru.

“Kedepannya bila penerapan Sekolah Penggerak berhasil, maka harus ada pengimbasan kepada sekolah lain. Kami mohon doanya semoga Sekolah Penggerak kita jalankan ini berjalan sukses,” harap Alfida. (aat)

|Baca Juga: SMKN 6 Batam Raih 2 Predikat dari Kemendikbudristek, Menjadi Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan

BAGIKAN