Penggerak Konservasi Palmatak Terima Bantuan Rp105 Juta

Bantuan untuk kelompok konservasi Palmatak di Anambas.
Bantuan untuk kelompok konservasi Palmatak di Anambas.

Anambas (gokepri.com) – Dua Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK) Shark Dive serta Pemandu Wisata dan Pelestarian Obyek Wisata Palmatak menerima bantuan sarana dan prasarana konservasi. Bantuan senilai Rp105.731.450 itu berupa peralatan selam dan sarana penunjang wisata bahari serta pelestarian lingkungan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), pekan lalu.

Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) Tb. Haeru Rahayu menyampaikan, KKP telah menyalurkan bantuan kepada 12 kelompok masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas dalam kurun waktu 2017 hingga 2020. Totalnya mencapai Rp1,2 miliar.

“Untuk wilayah Anambas, tahun ini bantuan pemerintah akan diberikan kepada tiga kelompok. Tahap pertama telah disalurkan kepada 2 KOMPAK ini. Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono juga telah menyerahkan bantuan KOMPAK di wilayah Sumatera Barat saat kunjungan kerja awal Juni lalu,” terangnya.

Haeru juga menegaskan pentingnya peran serta dan keterlibatan masyarakat dalam menumbuhkan kesadaran diri dan mencegah perilaku manusia yang bersifat merusak ekosistem dan sumber daya laut khususnya di kawasan konservasi perairan.

“Bantuan peralatan penunjang kegiatan wisata dan pelestarian lingkungan diharapkan dapat dioptimalkan pemanfaatannya untuk menunjang kegiatan kelompok mengelola kawasan konservasi,” harapnya.

Haeru juga berpesan agar kelompok penerima bantuan terus berperan aktif dalam menjaga kelestarian sumber daya laut khususnya ekosistem terumbu karang di Taman Wisata Perairan (TWP) Kepulauan Anambas.

Kawasan konservasi perairan TWP Kepulauan Anambas merupakan kawasan konservasi perairan terluas kedua di Indonesia dengan keanekaragaman hayati laut yang melimpah, pantai pasir putih yang menawan, serta gugusan pulau-pulau kecil dengan gradasi biru perairan yang indah.

Di tempat yang sama, ucapan terima kasih disampaikan oleh Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra kepada KKP atas penyaluran bantuan pemerintah kepada kelompok masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Saya ingin bantuan ini semakin memudahkan kegiatan kedua KOMPAK untuk untuk melindungi, melestarikan, dan memanfaatkan sumber daya perairan di sekitar Kabupaten Kepulauan Anambas secara berkelanjutan,” tutur Wan Zuhendra.

Sementara itu, Kepala LKKPN Pekanbaru Fajar Kurniawan menjelaskan kedua KOMPAK telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan melalui Peraturan Direktur Jenderal PRL Nomor 8 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Konservasi Tahun 2021 dan telah melalui tahapan seleksi serta penilaian yang dilakukan tim verifikasi atas usulan yang diajukan melalui proposal bantuan bidang konservasi Tahun Anggaran 2021.

Baca juga: Belasan Pekerja Pengeboran Minyak Lepas Pantai di Anambas Positif Covid-19

Bantuan kelompok diserahkan secara simbolis oleh Direktur Jenderal PRL yang diwakili oleh Kepala LKKPN Pekanbaru bersama Wakil Bupati Kepulauan Anambas. Penyerahan bantuan turut dihadiri perwakilan Lanal Tarempa, Polair Kepulauan Anambas, Bappeda Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan KKA, Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri di Anambas, dan Satwas SDKP Kepulauan Anambas. (wan)

BAGIKAN