Pemerintah Bersiap Buka Pintu untuk Wisman mulai Oktober

wisman oktober
Turis menikmati Pantai Badung, Bali, September 2021. Antara Foto/Nyoman Hendra Wibowo

Batam (gokepri.com) – Pemerintah berencana mengizinkan wisatawan mancanegara (wisman) berlibur kembali ke Bali dan beberapa tempat wisata lain mulai Oktober 2021. Bercermin penurunan tajam kasus Covid-19.

Pemerintah menekankan tetap tak gegabah membuka pintu perbatasan setelah gelombang virus kedua yang meningkatkan kasus karena varian baru delta.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan engatakan kasus terkonfirmasi COVID-19 turun 94,5% sejak puncaknya pada pertengahan Juli.

“Ini terendah selama pandemi dan menunjukkan pandemi terkendali,” kata Luhut dalam konferensi pers, baru-baru ini.

Tanda-tanda positif lainnya termasuk tingkat hunian tempat tidur rumah sakit nasional yang turun di bawah 15%, sedangkan tingkat positif, atau proporsi orang yang dites positif, kurang dari 5%.

Luhut mengatakan jika tren hari ini berlanjut pemerintah yakin bahwa Bali bisa dibuka kembali pada Oktober.

Korea Selatan, Jepang, Singapura, dan Selandia Baru, termasuk di antara negara-negara yang dipertimbangkan pemerintah untuk menerima warga negara asing sejak awal, mengingat rendahnya penyebaran virus di negara-negara itu.

Menteri Kesehatan Indonesia Budi Gunadi Sadikin mengatakan awal pekan mengatakan pembukaan kembali untuk orang asing juga bergantung pada 70% dari populasi target yang menerima suntikan COVID-19 pertama.

Lebih dari 21% dari 208 juta yang ditargetkan telah divaksinasi penuh, sementara hampir 40% telah menerima suntikan pertama mereka, menurut data kementerian kesehatan.

Adapun Malaysia minggu ini membuka kembali Pulau Langkawi untuk pengunjung domestik, sementara Thailand telah membuka pulau Phuket dan Samui untuk turis asing yang divaksinasi dan pulau Phu Quoc Vietnam selanjutnya.

Indonesia telah bergulat dengan salah satu wabah virus corona terburuk di Asia, mencatat lebih dari 4,1 juta kasus dan 140.000 kematian. (can)

|Baca Juga: Mulai Oktober, Nongsa dan Lagoi Akan Dibuka untuk Wisatawan Mancanegara

BAGIKAN