Pemadaman Mulai Berkurang, PLN Karimun Tetap Posisi Siaga

Petugas tengah memasang 4 unit mesin PLTD di Bukit Carok.

Karimun (gokepri.com) – Intensitas pemadaman listrik di Pulau Karimun Besar mulai berkurang seiring telah diperbaikinya mesin unit 2 di PLTU Tanjungsebatak.

Saat ini, PLN Tanjungbalai Karimun masih tetap dalam posisi siaga.

“Pemadaman tetap ada, namun sudah mulai berkurang. Posisi kami saat ini masih siaga,” ujar Manajer ULP PLN Tanjungbalai Karimun, Hendrico, Senin, 6 Juni 2022.

Hanya pada Ahad, 5 Juni 2022 PLN Karimun tidak melakukan pemadaman. Sebab, kondisi cuaca yang mendung dan hujan menyebabkan beban puncak berkurang.

“Kalau kemarin memang kami tidak melakukan pemadaman karena cuaca hujan, kecuali untuk hotel tetap dilakukan pemadaman dari pukul 17.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB,” ungkapnya.

Sementara, untuk nanti malam masih dilakukan pemadaman terhadap 5 hingga 10 travo.

Hanya saja, Hendrico belum bisa menjelaskan travo mana saja yang mengalami pemadaman listrik pada nanti malam.

Hendrico menyebut, pasca dilakukan perbaikan mesin unit PLTU Tanjungsebatak, kemampuan mesin mengalami penurunan. Jika sebelumnya mesin memiliki kapasitas 5 MW hingga 5,5 MW, maka saat ini hanya tinggal 4 MW.

Dikatakan, terkait 4 unit mesin PLTD yang didatangkan dari Bangka, saat ini masih dilakukan pengujian dengan melibatkan tim yang lengkap dari Tanjungpinang.

Pengujian juga melibatkan tim dari Caterpillar karena mesin PLTD tersebut merupakan pabrikan Caterpillar.

“Saat ini tim tengah berjibaku melakukan pengujian, pemasangan panel dan teknis lainnya termasuk tahanan isolasi terhadap mesin PLTD yang ada di Bukit Carok,” sebutnya.

Hendrico mengatakan, estimasi selesainya atau mulai beroperasinya 4 unit mesin PLTD tersebut tetap pertengahan Juni 2022.

“Sesuai estimasi kami tetap pertengahan Juni 2022 ini 4 mesin bisa beroperasi,” pungkasnya.

Penulis: Ilfitra