Pelindo Antisipasi Lonjakan Penumpang di 3 Pelabuhan di Kepri

Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura
Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Kota Tanjungpinang.

Jakarta (gokepri.com) – PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo 1) menyiapkan fasilitas angkutan laut di 10 terminal penumpang di Sumatera Utara, Riau, dan Kepri. Terminal penumpang di Kepri itu meliputi Sri Bintan Pura dan Sei Kolak Kijang di Tanjungpinang serta Tanjung Balai Karimun.

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1 Ridwan Sani Siregar mengatakan, layanan itu untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang. Pihaknya memprediksi ada kenaikan jumlah penumpang pada rangkaian libur Natal dan Tahun Baru.

Guna menjamin kenyamanan perjalanan penumpang, Pelindo 1 telah melengkapi sarana dan fasilitas terminal penumpang berstandar internasional. Di antaranya garbarata, check-in counter, auto gate, waiting room VIP, waiting room ekonomi, sky bridge, dan tempat parkir

“Adapun terminal penumpang tersebut adalah Terminal Penumpang Bandar Deli di Belawan dan Gunungsitoli di Pulau Nias. Terminal Penumpang Teluk Nibung di Tanjung Balai Asahan, Sibolga, Dumai, dan Selat Panjang di Kepulauan Meranti. Kemudian Terminal Penumpang Tembilahan, Sri Bintan Pura dan Sei Kolak Kijang di Tanjungpinang, serta Tanjung Balai Karimun,” ujarnya, Selasa (22/12/2020).

Ridwan menjelaskan, Pelindo 1 juga menyediakan berbagai sarana dan fasilitas pendukung. Seperti ruang bermain, ibadah, laktasi, merokok, kafetaria, hingga convenience store.

Pelindo 1 juga telah memaksimalkan dukungan teknologi informasi untuk semakin meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan di terminal penumpang. Seperti layanan E-Berthing, E-Pass (2018) dan E-Ticketing (2019) di Sri Bintan Tanjungpinang dan E-Pass di Karimun.

“Pembayaran pas pelabuhan sudah dapat menggunakan uang elektronik (e-money) terhitung mulai tanggal 17 Desember 2020,” katanya.

Selama rangkaian libur Natal dan Tahun Baru, lanjut Ridwan, pihaknya menerapkan sejumlah kebijakan. Seperti kapal penumpang akan mendapat prioritas utama sandar, serta dukungan kesiapan personil pandu dan kapal tunda.

“Pelindo 1 juga hanya melayani penumpang yang telah memegang tiket dan pas pelabuhan serta mengutamakan penumpang berkebutuhan khusus. Seperti anak-anak, manula, dan disabilitas, serta memaksimalkan ketertiban dan kenyamanan penumpang di terminal,” terangnya.

Terminal-terminal penumpang beroperasi dengna menerapkan protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Di antaranya dengan menyiapkan thermal gun/scanner, hand sanitizer dan fasilitas cuci tangan. Kemudian disinfeksi rutin Terminal Penumpang, penerapan physical distancing, serta penyediaan APD khusus untuk petugas operasional.

“Petugas terminal terus menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada penumpang melalui berbagai channel. Baik melalui flyer, spanduk, banner/poster, maupun media sosial,” katanya. (wan)

BAGIKAN