Pelaku Perjalanan Dalam dan Luar Negeri Tanpa Tes PCR Lagi

Presiden Jokowi menginstruksikan agar pelaku perjalanan dalam dan luar negeri tanpa wajib PCR lagi.

Batam (gokepri.com) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menghapus kebijakan wajib tes PCR bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri atau PPLN dan perjalanan dalam negeri. Hal ini dilakukan lantaran terkendalinya kasus COVID-19.

Dinas Pariwisata Kepri Buralimar mengatakan sangat mengapresiasi langkah yang diambil presiden. Dengan adanya perintah itu dapat membangkitkan pariwasata yang ada di Kepri.

“Kita ucapkan terima kasih kepada bapak presiden yang telah mendengar aspirasi khususnya Pariwisata di Kepri,” kata Buralimar saat dihubungi, Kamis 20 Mei 2021.

Untuk itu, dirinya meminta para petugas di lapangan baik itu disektor pelabuhan atau pun lainnya agar mengikuti arahan presiden tersebut.

“Karena sudah dibebaskan antigen dan PCR jadi tidak ada lagi dilapangan yang menterjemahkan macam-macam. Disitukan disebutkan yang tidak vaksin harus PCR atau antigen berarti yang sudah vaksin tidak harus,” kata Buralimar.

Buralimar mengatakan, koordinasi sangat diperlukan oleh seluruh pekerja yang ada di lapangan apalagi yang berada disektor pelabuhan. Jangan sampai arahan presiden ini disalahartikan.

“Seluruh aparat harus merata jangan nanti satu bilang PCR satu lagi tidak. Presiden sudah memperintahkan tidak ada lagi PCR dan Antigen,” tegasnya.

Diakuinya, dengan dihapusnya kebijakan PCR dan Antigen menambah minat wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Kepri. Selain itu, pihaknya juga mengusulkan agar kebijakan karantina wilayah minimal 14 hari di negara Singapura juga dihapuskan.

“Jadi tidak adalagi terjemahan 14 hari harus di Singapura semu nya boleh jangan ada lagi terjemahanan macam-macam tidak ada lagi antigen atau PCR udah presiden yang ngomong,” katanya.

Buralimar berharap dengan semakin dipermudahnya aturan-aturan masuk wisman tersebut, maka kunjungan wisman masih akan lebih meningkat.

“Kita harapkan pelaku pariwisata menyatu dengan petugas di lapangan agar wisata di Kepri lebih menarik,” kata dia.

Penulis: Engesti

BAGIKAN