Pelabuhan Sekupang Terapkan E-Tiket, Sri Bintan Pura Menyusul

pelabuhan sekupang terapkan e-tiket
Kepala Dishub Kepri Junaidi. Foto: Gokepri.com/Engesti

Tanjungpinang (gokepri) – Pelabuhan Sekupang dan Telaga Punggur resmi meluncurkan e-tiket dan pembayaran non tunai. Sementara itu untuk Pelabuhan Sri Bintan Pura akan segera menyusul.

“Tanggal 14 November 2023 kemarin, Sekupang sama Punggur. Saya sudah cek dan sudah bisa berjalan jadi semua sudah tersistematis,” kata Kepala Dishub Kepri, Junaidi Kamis 15 November 2023.

Ia menyebutkan, para penumpang sekarang tidak perlu lagi datang ke pelabuhan untuk membeli tiket. Semua sudah tergitalisasi.

Baca Juga: Inovasi BUP Batam, Beli Tiket Kapal Kini Mudah dengan E-Ticketing

Peluncuran ini merupakan hasil kerjasama antara BP Batam dengan BNI dan Bank Mandiri sebagai penyedia layanan pembayaran non-tunai.

“Semua lebih mudah,” kata dia.

Kolaborasi ini juga melibatkan perusahaan penyedia tiket online, seperti PT Easybook Teknologi dan PT Mitra Kasih Perkasa (MKP).

Junaidi menuturkan, ke depannya, aplikator lainnya dapat turut serta dalam e-ticketing sepanjang terverifikasi Inaportnet.

Meski sudah tersistem, para penumpang masih tetap bisa membeli tiket di pelabuhan. Dengan catatan, ke depannya penumpang harus membeli tiket melalui online.

Pihak pengelolaan pelabuhan akan mengarahkan masyarakat yang masih kesulitan dalam membeli tiket secara online.

“Kita tahu masyarakat ini ada yang gaptek seperti orang tua dan lainnya. Tapi kami akan terus lakukan sosialisasi,” kata dia.

Sementara di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, kata dia, saat ini penerapan e-tiket masih belum berjalan. Sebab, masih terkendala regulasi.

“Saya juga tidak tahu. Padahal semua alatmya sudah lengkap. Cuma implementasi itu masih belum klop dengan apliktor,” kata dia.

Ia menargetkan, penerapan e-tiket di Tanjungpinang akan berjalan dalam waktu dekat.

“Pelindo ini agak susah. Saya sudah berdiskusi dengan manajemennya. Kalau saya inginnya secepatnya jalan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti

BAGIKAN