Pelabuhan Padat, 25 Ribu Turis Piknik di Batam saat Liburan Imlek

Wisatawan mancanegara
Wisatawan memadati Pelabuhan Feri Internasional Harbourbay, Batam. Foto: Antara/Yude

BATAM (gokepri) – Wisatawan mancanegara ramai-ramai ke Batam saat libur Imlek. Warga Singapura dan Malaysia mendominasi kunjungan tersebut.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam mencatat sebanyak 25.596 wisatawan mancanegara (wisman) masuk ke Batam selama liburan Tahun Baru Imlek 2023.

Kepala Imigrasi Kelas I Batam, Subki Miuldi mengatakan terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisman saat libur Imlek mencapai 40 sampai 50 persen dibanding hari-hari biasa. “Selama libur Imlek, terjadi peningkatan kunjungan wisman ke Kota Batam melalui pelabuhan internasional,” katanya.

Dia menjelaskan, pada hari Sabtu (21/1) jumlah kunjungan wisman mencapai 14.052 kunjungan, pada Minggu (22/1) mencapai 7.594 kunjungan dan pada Senin (23/1) mencapai 3.950 kunjungan. Jika ditotal seluruhnya berjumlah 25.596 wisman yang berkunjung ke Batam.

Pada hari biasa kata Subki, jumlah pengunjung yang datang ke Batam biasanya hanya berkisar 1.000 sampai 2.000 orang saja. “Kunjungan wisman ini didominasi dari negara Singapura, dan disusul dari Malaysia,” kata dia.

Padatnya kunjungan wisatawan mancanegara ke Batam ini kata dia, terlihat di setiap pelabuhan internasional yang ada di Batam. Seperti Pelabuhan Internasional Batam Centre, Pelabuhan Internasional Harbour Bay, Pelabuhan Internasional Sekupang dan Pelabuhan Internasional Nongsa Pura.

Dengan adanya kenaikan itu, Imigrasi Batam telah memberikan perlakuan khusus seperti pengetatan pengecekan dokumen hingga penambahan petugas di setiap pelabuhan. “Biasanya sekitar seribuan penumpang per hari. Sekarang kita tambah anggota di setiap pelabuhan,” demikian Subki Miuldi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Baca Juga: Negara Tetangga Dominasi Jumlah Wisman di Kepri

Sumber: Antara

BAGIKAN